*** Muna tak mau menjadi anak yang membangkang, tapi juga tidak begitu saja mengubur mimpi besarnya. Dia mengambil jalan tengah dengan menjadi pelajar

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "*** Muna tak mau menjadi anak yang membangkang, tapi juga tidak begitu saja mengubur mimpi besarnya. Dia mengambil jalan tengah dengan menjadi pelajar"

Transkripsi

1 PROLOG Mimpi bukan lah sekedar angan-angan yang hanya membuat kita berharap saja, tapi bagaimana kita memiliki tekad kuat dan usaha keras untuk mewujudkan mimpi itu. Itulah yang dipercayai oleh seorang anak laki-laki bernama Munadi Ramadhan, seorang bocah lelaki yang mendedikasikan hidupnya untuk mewujudkan mimpi-mimpinya, yaitu menjadi pemain sepakbola profesional. Banyak orang berani bermimpi namun hanya bisa berharap itu akan terwujud, sedangkan hanya sedikit orang yang berani bermimpi kemudian berani pula mewujudkannya. Muna mungkin adalah salah satu dari sedikit orang tersebut, karena baginya, sebesar apapun rintangan mimpi itu harus ditempuh, yang dibutuhkan adalah niat yang lebih besar dari rintangan itu untuk menaklukannya. Bagi Muna, sepakbola adalah sebuah jalan hidup yang membawanya ke dunia yang penuh perjuangan dan pengorbanan. Kucuran keringat, tetes air mata, hingga luka dan darah adalah saksi perjuangan yang tak kenal lelah, dan pengorbanan yang tak mudah. Baginya, sepakbola adalah tentang cinta, gairah, dan kebanggaan.

2 *** Muna adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Ayah dan kakaknya adalah penggemar sepakbola, mereka juga gila bola sama seperti Muna. Meski begitu, ketika ia menyatakan niatnya untuk menjadikan sepakbola sebagai karirnya kelak, tak ada dukungan sama sekali dari mereka. Ada sesuatu yang tidak Muna ketahui, mengapa mereka tidak mendukung tapi tidak juga melarangnya melanjutkan cita-citanya itu. Terlahir di keluarga yang berkecukupan tidak membuat Muna terlena begitu saja dengan segala yang ada. Keluarganya memang memberikannya dukungan dan fasilitas untuk kebutuhan apapun, tapi terkecuali untuk sepakbola. Dia hanya diperbolehkan bermain sepakbola untuk kesenangan saja, dan dilarang mengikuti Sekolah Sepakbola atau kompetisi-kompetisi yang ada. Latarbelakang keluarganya yang memegang teguh pada pendidikan mengharuskannya menjadi pelajar yang giat. Hidup di keluarga dengan ibu seorang guru, ayah seorang pengusaha, dan kakaknya seorang mahasiswa, membuat Muna tidak bebas menentukan arah hidupnya sendiri, karena campur tangan keluarga yang dominan. Muna tak mau menjadi anak yang membangkang, tapi juga tidak begitu saja mengubur mimpi besarnya. Dia mengambil jalan tengah dengan menjadi pelajar 2

3 yang giat dan diam-diam terus mengasah skill nya bermain bola. Bakatnya di sepakbola terhitung biasa saja, tapi gairahnya untuk menjadi yang terbaik adalah modal utama yang dimilikinya lebih dari obsesi apapun dalam hidupnya. Tidak dianugrahi bakat yang luar biasa membuatnya semakin giat untuk terus berlatih dan berlatih. Dia percaya, bahwa usaha keras pasti hasilnya tidak akan mengkhianati. 3

4 AKU ADALAH ZIDANE Juli Malam itu keheningan seketika pecah oleh sorak-sorai ayah dan kak Munif. Muna terbangun dan menuju ruang tengah, tempat di mana sorak-sorai itu berasal. Dia heran, kenapa dua orang ini begitu bising di tengah malam hanya karena sebuah tayangan sepakbola. Dia yang masih setengah sadar, kemudian menghampiri ayah dan kakaknya itu. Ada apasih sih, yah? Kok berisik banget malem-malem gini? Tanya Muna pada ayahnya, setengah menguap. Sini Mun, kita nonton bareng! Final nih. Sahut ayahnya dengan penuh antusias. Muna duduk diantara ayah dan kak Munif, dan langsung meneguk minuman soda yang ada di jangkauannya, satu persatu camilan yang tersedia malam itu pun tak luput darinya. Ada sebuah fenomena yang tidak diketahui, tiba-tiba matanya asik menatap layar kaca itu, dia mulai menikmati pertandingan sepakbola itu. Mata yang menatap layar kaca itu mulai terhubung dengan sebuah gairah yang baru disadarinya, semakin dia larut menikmati walau pun tidak mendukung 4

5 salah satu tim yang berlaga kala itu. Dia hanya menikmati dan terus menikmati, sebuah kesenangan dan antusiasme yang menyatu itu seperti sesuatu yang mengalir begitu saja dalam darahnya. Bocah lima tahun ini mulai merasakan bahwa dia tengah dirasuki sesuatu yang luar biasa, dia jatuh cinta pada si kulit bundar yang dimainkan begitu indah dan memikat hatinya. Muna yang selama ini mengenal sepakbola hanya permainan yang hanya sekedar bersenang-senang, kini mulai mengerti ada hal yang lebih esensial dari itu semua, setelah menonton pertandingan itu. Pertandingan Final Piala Dunia antara Timnas Perancis Vs Timnas Brasil malam itu memperkenalkan Muna pada sebuah tujuan hidup baru. Tak ada protes atau pun tanya, Muna mulai memasuki dimensi yang sedang ayah dan kak Munif gandrungi. Pertandingan baru berjalan 10 menit, seorang pemain Timnas Perancis berkepala botak di tengah bernama Zinedine Zidane menarik perhatiannya. Kemampuan olah bola Zidane memikat hati Muna, begitu pula ayahnya yang memang menjagokan Perancis saat itu. Tuh liat, itu baru namanya pemain berkelas. Ucap ayah ketika melihat Zidane beraksi. 5

6 Hebat banget Yah orang itu. Sahut Muna mengiyakan pernyataan ayahnya. Belum aja Ronaldo dapet bola, lewat semua tuh bek Perancis. Tandas kak Munif membela Timnas Brasil yang dijagokannya. Ruang ini seketika bergelora, aroma persaingan jelas terasa. Wajah ayah nampak ceria, ekspresi dari kegembiraannya karena tim yang didukungnya sangat mendominasi pertandingan. Sebaliknya, kak Munif nampak serius dan tegang dengan keadaan itu. Muna tidak menentukan sikap, dia tidak mendukung Perancis atau Brasil, dia hanya senang melihat kehebatan idola barunya, Zinedine Zidane. Pertandingan memasuki menit ke 27, sebuah peluang didapat Perancis melalui sepak pojok. Bola itu melambung begitu baik, melewati kawalan beberapa pemain Brasil, kemudian disambut oleh sundulan Zinedine Zidane dan GOOOOLLLL!!! Teriak Muna dan Ayah. Muna girang bukan kepalang melihat idolanya mencetak gol. Begitu juga ayah yang semakin yakin dengan tim yang didukungnya itu. kak Munif nampak kecewa melihat kelengahan para pemain Brasil. Perancis 1 0 Brasil. Kekaguman Muna terhadap pemain berkepala botak di tengah itu semakin mengudara setelah gol itu, apalagi seorang yang diidolakannya itu terlihat sangat 6

7 dominan ketika menguasai bola. Muna kecil mulai meresapi gaya bermain Zidane yang cukup tergambar dalam satu kata, yaitu Elegan. Di menit-menit akhir babak pertama, Perancis kembali memperoleh peluang dari sepak pojok. Perhatian Muna terus tertuju pada Zidane, berharap idolanya itu mencetak gol lagi. Sepakan dari Djorkaef melambung tidak begitu tingga, dengan cepat Zidane menyambar bola itu lagi-lagi melalui sundulan yang melewati celah kaki Roberto Carlos, dan GOL! GOOOOLLLLL!!! Teriak ayah dan Muna kegirangan. Yeah! Udah deh kak, tidur ajaaa. Sindir ayah kepada kak Munif. Masih ada babak kedua yah, nanti pasti dibales! Kata kak Munif yang masih sangat optimis. Istirahat babak pertama, ayah dan kak Munif selalu melakukan ritual untuk menunggu kick off babak kedua. Ayah memasak air, sedangkan kak Munif menyiapkan tiga bungkus mie instan dengan bahanbahan pelengkap. Ayah dan kak Munif rupanya mempunyai kebiasaan yang mereka sebut ritual ini, sembari menunggu babak kedua dimulai. Tak ada arti khusus sebenarnya, tapi ini cukup mempererat kekeluargaan. 7

8 Di dapur, ayah dan kak Munif masih saja sempat membicarakan pertandingan yang baru berjalan setengah babak itu. Ah gimana sih Brasil ngga ada perlawanan gitu? Tanya ayah kepada kak Munif. Kan masih ada babak kedua yah, kalem aja. Ronaldo aja melempem gitu, mana bisa nyetak gol. Liat ajadeh nanti di babak kedua. Peluit wasit berbunyi, tanda babak kedua dimulai. Ayah, kak Munif, dan Muna sudah siap di ruang tengah sambil menyantap mie instan yang tadi dibuat. Masih pada fokus yang sama, ayah dengan Timnas Perancis nya, kak Munif dengan Timnas Brasil nya, dan Muna dengan Zinedine Zidane nya. Sepasang mata ketiga orang itu bagaikan kutub utara dan kutub selatan dengan layar kaca, daya magnetnya begitu kuat. Perancis masih terus menekan pertahanan Brasil melalui beberapa peluangnya, sementara Brasil hanya sesekali mampu membalas serangan. Seperti kata ayah, Ronaldo yang merupakan rising star di pertandingan-pertandingan Brasil sebelumnya, tampil kurang greget. Justru Perancis yang berhasil menambah gol melalui Emanuel Petit di akhir babak kedua. 8

9 Ayah kembali bersorak, GOOOOLLLL Kak Munif semakin suram wajahnya, sedangkan Muna menatap dengan ekspresi yang biasa saja. Jelas sudah bahwa ia hanya senang dengan Zinedine Zidane. PRIIITTT!!! PRIIITTT!!! PRIIITTTTT!!! Pertandingan final selesai dengan skor 3 0 untuk keunggulan Perancis. Ekspresi ayah sudah seperti orang-orang yang ada di lapangan sana, seperti para penonton yang memadati stadion kala itu. Kak Munif hanya terdiam, sedangkan Muna wajahnya mulai menampilkan senyuman. Bukan karena Perancis juara, tapi dia kini telah mengerti apa itu sepakbola dan bagaimana rasanya menjadi juara, seperti idolanya saat itu. Mulai saat itu, Muna tahu kini dirinya telah meresapi bahwa ada hal esensial dibalik sebuah kemenangan yang dicapai melalui kerja keras dan kerjasama tim tentunya. Dia mulai menggantungkan ekspetasi yang tinggi terhadap olahraga ini, ya! Sepakbola. 9

10 *** Di sore hari yang cukup teduh, Muna bermain sepakbola dengan teman-temannya. Setiap dribel, skill, passing, shoting dan heading yang dilakukannya, dia hanya membayangkan bola itu bukan sedang ada di kakinya, tapi di kaki seorang Zinedine Zidane. Dalam hatinya tertanam kuat bahwa ia kini bermain dengan nyawa. Aku adalah Zidane begitu katanya. Yan, liat nih Zidane beraksi. Katanya mengolah bola. Zidane siapa, Mun? Tanya Ryan pada Muna. Yaaah payah, masa nggak tau Zidane. Semalem dia juara piala dunia, Yan. Ooh... berarti dia hebat dong, Mun? Yaa seperti aku ini, Yan. Hehehe. Seperti sebuah mukjizat menyertainya, bocah lima tahun ini bermain layaknya orang-orang di atas usianya. Muna kecil menunjukan permainan indah yang identik dengan Zidane, membuatnya mendapat pujian dari orang-orang yang melihatnya. Rasa lelah enggan menghampiri, hingga ibunya menjemputnya untuk pulang sore itu. 10

Sang Pangeran. Kinanti 1

Sang Pangeran. Kinanti 1 Sang Pangeran Langkah Rara terhenti mendengar percakapan dari ruang tamu. Suara seseorang yang sangat dikenalnya. Suara tawa yang terdengar khas itu semakin memperkuat dugaannya, membuat jantung Rara berpacu

Lebih terperinci

IDHAM HAMDANI. Nah! Cerita-Cerita Pak Idham di Kelas. Penerbit Dawam Karya Biasa

IDHAM HAMDANI. Nah! Cerita-Cerita Pak Idham di Kelas. Penerbit Dawam Karya Biasa IDHAM HAMDANI Nah! Cerita-Cerita Pak Idham di Kelas Penerbit Dawam Karya Biasa Nah! Cerita-Cerita Pak Idham di Kelas Oleh: Idham Hamdani Copyright 2016 by Idham Hamdani Penerbit Dawam Karya Biasa dawamkaryabiasa@ymail.com

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Sepak Bola yang berdiri pada tahun 1978 di Cengkareng-Jakarta Barat, dan

BAB I PENDAHULUAN. Sepak Bola yang berdiri pada tahun 1978 di Cengkareng-Jakarta Barat, dan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sekolah Sepak Bola Garec s (SSB Garec s) adalah salah satu Sekolah Sepak Bola yang berdiri pada tahun 1978 di Cengkareng-Jakarta Barat, dan didirikan oleh Bapak Sariman.

Lebih terperinci

DI BALIK DINDING. Apa ya, yang berada di balik dinding itu?, selalu dan selalu dia bertanya-tanya

DI BALIK DINDING. Apa ya, yang berada di balik dinding itu?, selalu dan selalu dia bertanya-tanya Apa ya, yang berada di balik dinding itu?, selalu dan selalu dia bertanya-tanya pada dirinya sendiri. Hingga akhirnya suatu hari, dia pun memberanikan diri untuk mengintip. Terlihat seorang bocah lelaki

Lebih terperinci

Sudah, kalian jangan bertengkar. Zaky mencoba melerai. Eh Bagaimana kalau kita membuka jasa konsultasi. Sahut Riski.

Sudah, kalian jangan bertengkar. Zaky mencoba melerai. Eh Bagaimana kalau kita membuka jasa konsultasi. Sahut Riski. Peristiwa heboh yang terjadi saat pertandingan besar antara kesebelasan PERSIKABA dan TIMNAS masih hangat menjadi perbincangan. Begitupun halnya yang tengah hangat diperbincangkan di Sekolah Dasar Baitunnur.

Lebih terperinci

Desember 2012 jam wib.

Desember 2012 jam wib. BAB I PENDAHULUAN I.I Latar Belakang Sepakbola adalah permainan tim, 11 orang melawan 11 orang lainnya di lapangan hijau. Semua pemain memiliki peran yang penting selama 90 menit pertandingan berjalan.

Lebih terperinci

Kau Tetap Indonesiaku

Kau Tetap Indonesiaku Kau Tetap Indonesiaku Ini adalah cerita tentang bagaimana seseorang mencoba meraih mimpi dengan caranya, dengan segala rintangannya, dengan segala kehilangannya, dan tentu saja kebahagiaannya. Saat itu,

Lebih terperinci

REMAJA. Daffa Nur Adli. Diterbitkan secara mandiri. melalui nulisbuku.com. Bandel Boleh Bego Jangan

REMAJA. Daffa Nur Adli. Diterbitkan secara mandiri. melalui nulisbuku.com. Bandel Boleh Bego Jangan REMAJA Bandel Boleh Bego Jangan Daffa Nur Adli Diterbitkan secara mandiri melalui nulisbuku.com Manusiawinya Manusiawinya, seseorang akan berlatih keras sebelum perlombaan. Itu benar, gua dan tim futsal

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. sosial yang sedang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat

I. PENDAHULUAN. sosial yang sedang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat 1 I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sebagai salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang pesat, indonesia tidak terlepas dari arus informasi global yang diperlukan untuk mengetahui fenomenafenomena

Lebih terperinci

SAHABAT PERTAMA. Hari Senin pagi, Lisha masih mandi. Padahal seharusnya ia sudah berangkat sekolah.

SAHABAT PERTAMA. Hari Senin pagi, Lisha masih mandi. Padahal seharusnya ia sudah berangkat sekolah. SAHABAT PERTAMA Hari Senin pagi, Lisha masih mandi. Padahal seharusnya ia sudah berangkat sekolah. Lisha ayo cepat mandinya! Nanti kamu terlambat lho! kata mama dari bawah. Akhirnya Lisha turun dari lantai

Lebih terperinci

Keberanian. Dekat tempat peristirahatan Belanda pada zaman penjajahan, dimulailah perjuangan nya.

Keberanian. Dekat tempat peristirahatan Belanda pada zaman penjajahan, dimulailah perjuangan nya. Keberanian Pagi itu di pedesan Kaliurang udara tampak sejuk dan embun pagi mulai pupus. Pada hari pahlawan 10 November tahun dimana kita mengingat perjuangan para pahlawan Indonesia. Ibu Malino sedang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Olahraga sekarang ini telah menjadi kebutuhan setiap individu,

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Olahraga sekarang ini telah menjadi kebutuhan setiap individu, BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Olahraga sekarang ini telah menjadi kebutuhan setiap individu, karena melakukan kegiatan olahraga yang baik dan benar serta berkesinambungan dapat meningkatkan

Lebih terperinci

Sepanjang jalan tiada henti bercerita dan tertawa, aku menghitung bintang-bintang dan tak terasa sudah sampai di tempat mie ayam rica-ricanya Pasti

Sepanjang jalan tiada henti bercerita dan tertawa, aku menghitung bintang-bintang dan tak terasa sudah sampai di tempat mie ayam rica-ricanya Pasti Sepanjang jalan tiada henti bercerita dan tertawa, aku menghitung bintang-bintang dan tak terasa sudah sampai di tempat mie ayam rica-ricanya Pasti abang nya bingung nih kakak bawa cewek lain lagi Iyalah

Lebih terperinci

PESAN UNTUK SANG ANAK AGUS BUDI SANTOSO

PESAN UNTUK SANG ANAK AGUS BUDI SANTOSO PESAN UNTUK SANG ANAK By AGUS BUDI SANTOSO STMIK AMIKOM YOGYAKARTA Budi_91@rocketmail.com DI SEBUAH DESA KECIL Di sebuah desa kecil ada sebuah keluarga kecil sederhana yang memiliki seorang anak yang bernama

Lebih terperinci

Untuk sebuah kehidupan singkat penuh ilusi serta latihan SGV, Ayesha Nadya Muna & Bintang jatuhku -Dimas Arif Firlando

Untuk sebuah kehidupan singkat penuh ilusi serta latihan SGV, Ayesha Nadya Muna & Bintang jatuhku -Dimas Arif Firlando Untuk sebuah kehidupan singkat penuh ilusi serta latihan SGV, Ayesha Nadya Muna & Bintang jatuhku -Dimas Arif Firlando Regrets and Revenge Apakah kamu masih pantas memintanya kembali setelah kamu menyuruhnya

Lebih terperinci

vioooooo, udah jam 6 lewat, kamu mau sekolah apa gak sih jerit mama dari dapur ketika mendapati sarapan yang disiapkannya masih rapi di meja makan.

vioooooo, udah jam 6 lewat, kamu mau sekolah apa gak sih jerit mama dari dapur ketika mendapati sarapan yang disiapkannya masih rapi di meja makan. Kriingg kriinggg kringgg Ku raih alarm yang ada di meja belajarku, seperti biasa ku tekan tombol off dan aku kembali ke alam mimpi. vioooooo, udah jam 6 lewat, kamu mau sekolah apa gak sih jerit mama dari

Lebih terperinci

Sepakbola pakai fisika, seru juga

Sepakbola pakai fisika, seru juga Sepakbola pakai fisika, seru juga Goooo...llll Suara teriakan histeris terdengar ketika Rosicky dari Republik Ceko di menit ke-36 menjebloskan bola ke gawang Keller dari Amerika Serikat melalui tendangan

Lebih terperinci

(karna bersepeda keliling komplek sampe 127 kali dari yang pagi pun menjadi sore)

(karna bersepeda keliling komplek sampe 127 kali dari yang pagi pun menjadi sore) Preeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttt!!! Seperti biasa alarm gue bunyi maksud bangunin gue dari mimpi gue barusan yang bertemakan pernikahan kuda Nill. Alarm sih bunyi tepat pukul 6 pagi. Tapi mohon maaf lahir

Lebih terperinci

Eliora. orang yang sedang menjalaninya. 1 Artinya, seberat-berat kami melihat sesuatu terjadi, lebih menyakitkan lagi bagi

Eliora. orang yang sedang menjalaninya. 1 Artinya, seberat-berat kami melihat sesuatu terjadi, lebih menyakitkan lagi bagi 1 Nadia Eliora Yuda Putri Bahasa Indonesia 7 13 September 2012 Pelarian Jauh Di Hutan Duarr! Bunyi ledakan bom tentara-tentara Jepang. Setelah ledakan pertama itu, orang-orang di desaku menjadi kalang

Lebih terperinci

Pertama Kali Aku Mengenalnya

Pertama Kali Aku Mengenalnya 1 Pertama Kali Aku Mengenalnya Aku berhasil menjadi kekasihnya. Laki-laki yang selama 4 tahun sudah aku kagumi dan cintai. Aku pertama kali bertemu dengannya ketika aku duduk di bangku SMP. Saat itu hidupku

Lebih terperinci

1. Anda merupakan penggemar setia obsesi di Global TV? Karena sajiannya selalu menarik seputar gosip2 terbaru. Memang,

1. Anda merupakan penggemar setia obsesi di Global TV? Karena sajiannya selalu menarik seputar gosip2 terbaru. Memang, Nama : Susi Umur : 49 Tahun Jenis Kelamin : Perempuan 1. Anda merupakan penggemar setia obsesi di Global TV? Ya! 2. Mengapa anda merasa obsesi di Global TV lebih unggul dibanding program infotainment sejenis?

Lebih terperinci

Nielsen Newsletter. EDISI Desember Data Highlights Timnas memenangkan 12 juta penonton TV

Nielsen Newsletter. EDISI Desember Data Highlights Timnas memenangkan 12 juta penonton TV Nielsen Newsletter EDISI 12 30 Desember 2010 Data Highlights Timnas memenangkan 12 juta penonton TV Meskipun gagal memenangkan piala AFF (ASEAN Football Federation) Suzuki Cup 2010 pada Rabu malam (29/12),

Lebih terperinci

BAB II KAJIAN PUSTAKA

BAB II KAJIAN PUSTAKA BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Deskripsi Teori 1. Hakikat Permainan Sepakbola a. Pengertian Sepakbola Sepakbola merupakan permainan yang menggunakan bola sepak yang dimainkan oleh dua kesebelasan yang masing-masing

Lebih terperinci

Keindahan Seni Pendatang Baru

Keindahan Seni Pendatang Baru Pendatang Baru Hari ini adalah hari pertama Fandi masuk ke kampus. Karena dia baru pulang dari Aussie, setelah tiga tahun menetap dan sekolah disana, bersama dengan keluarganya. Orangtuanya telah mendaftarkannya

Lebih terperinci

PERATURAN PERTANDINGAN TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP

PERATURAN PERTANDINGAN TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP PERATURAN PERTANDINGAN TURNAMEN FUTSAL GPKN CUP A. PERATURAN RESMI BERMAIN 1. Permainan dilakukan dengan 5 orang dilapangan untuk tiap tim (termasuk penjaga gawang) dan sisanya berada di bench. 2. Kedua

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. lagi adalah stadion, yang mana stadion tersebut bisa membuka sendiri saat ada hujan

BAB I PENDAHULUAN. lagi adalah stadion, yang mana stadion tersebut bisa membuka sendiri saat ada hujan BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dewasa ini Sepak bola telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini bisa kita perhatikan pada peralatan, sarana dan prasarana olahraga yang dipakai, contohnya

Lebih terperinci

Penerbit Lintang Fajar

Penerbit Lintang Fajar Penerbit Lintang Fajar Terima Kasih dan Maaf 100 Cerita 100 Kata Copyright 2015 oleh Aditya Prahara Desain Sampul : Indri Wulandari & Aditya Prahara Desain Isi : Indri Wulandari Penerbit Lintang Fajar

Lebih terperinci

ROMEO DAN JULIET. What's in a name? That which we call a rose. By any other name would smell as sweet. ~ Romeo and Juliet ~

ROMEO DAN JULIET. What's in a name? That which we call a rose. By any other name would smell as sweet. ~ Romeo and Juliet ~ ROMEO DAN JULIET What's in a name? That which we call a rose. By any other name would smell as sweet ~ Romeo and Juliet ~ Huruf R yang ada di tengah-tengah nama kamu, jawab Kikan sambil tersenyum penuh

Lebih terperinci

Aku dan adik kelasku.

Aku dan adik kelasku. Punya banyak impian, cita-cita dan mimpi. Mudah jatuh hati ke setiap cowok yg mudah membuatnya nyaman. Hobby menulis, apa aja ditulis hehe. Itulah aku gadis belia yg akan beranjak remaja. Dan aku itu cewek

Lebih terperinci

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com - ephy - Catatan dan Novela dalamceritasaja.blogspot.com CATATAN DAN NOVELA Oleh: ephy Copyright 2013 by ephy Diterbitkan melalui: www.nulisbuku.com 2 Catatan Cinta Bintang dan Angkasa Sketsa Kasih Perempuan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari di

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari di 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia. Futsal dalam perkembangan makin dapat diterima dan digemari oleh masyarakat

Lebih terperinci

Cinta memang tidak akan ada yang tahu kehadirannya, cinta bisa datang dan pergi tanpa diduga. Cinta bisa berdampak positive ataupun negative terhadap

Cinta memang tidak akan ada yang tahu kehadirannya, cinta bisa datang dan pergi tanpa diduga. Cinta bisa berdampak positive ataupun negative terhadap Cinta memang tidak akan ada yang tahu kehadirannya, cinta bisa datang dan pergi tanpa diduga. Cinta bisa berdampak positive ataupun negative terhadap seseorang. Kelahiran Ranti juga karena rasa cinta yang

Lebih terperinci

Jempol yang Gatal. Oleh: Jehan Amelia

Jempol yang Gatal. Oleh: Jehan Amelia Jempol yang Gatal Oleh: Jehan Amelia (@Jehanamelia) "Erin, kan udah ibu bilang, kalau hujan jemurannya di angkat!" teriak Ibuku dari pintu belakang rumah. Aku mendelik ke arah pintu kamarku, astaga gumamku

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Futsal (futbol sala dalam bahasa Spanyol berarti sepakbola dalam ruangan) merupakan permainan sepakbola yang dilakukan di dalam ruangan. Futsal merupakan jenis

Lebih terperinci

ELFIRA NOVIA. IMPIAN sebelum KEMATIAN

ELFIRA NOVIA. IMPIAN sebelum KEMATIAN ELFIRA NOVIA IMPIAN sebelum KEMATIAN Penerbit Biru Senja Publisher 5 Impian Sebelum Kematian Oleh: Elfira Novia Copyright 2013 by BSpublisher Penerbit (BiruSenjaPublisher) (elfira_novia@ymail.com) Desain

Lebih terperinci

yang putih. Cukuplah menutupi kulit Bayu yang sedikit hitam. Karena saking pemalunya, jangankan untuk minta nomor hp Fivin, ngajak kenalan aja Bayu

yang putih. Cukuplah menutupi kulit Bayu yang sedikit hitam. Karena saking pemalunya, jangankan untuk minta nomor hp Fivin, ngajak kenalan aja Bayu Jomblo Banyak hal yang dibanggakan seseorang ketika sudah menjadi senior di perkuliahan, sekolah dan organisasi lainnya. Ilmu yang lebih banyak, atau bahkan jabatan yang sedikit bisa dibanggakan. Setelah

Lebih terperinci

Ulasan Musim 12 / 13. Sebuah Kontemplasi Sepakbola. D a u l a t H u t a p e a

Ulasan Musim 12 / 13. Sebuah Kontemplasi Sepakbola. D a u l a t H u t a p e a Ulasan Musim 12 / 13 Sebuah Kontemplasi Sepakbola D a u l a t H u t a p e a Ulasan Musim 12 / 13 Sebuah Kontemplasi Sepakbola Oleh: Daulat Hutapea Layout Team Nulisbuku Copyright 2015 by Daulat Hutapea

Lebih terperinci

Tiga Belas Ribu Empat Ratus Lima Puluh Rupiah

Tiga Belas Ribu Empat Ratus Lima Puluh Rupiah Tiga Belas Ribu Empat Ratus Lima Puluh Rupiah Malam ini hujan turun begitu lebat. Dodo masih berdiri menghadap jendela menanti sang ayah yang belum juga pulang. Sesekali dia berlari kepangkuan ibunya yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. sebanyak-banyaknya kegawang lawan.

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. sebanyak-banyaknya kegawang lawan. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Sepakbola adalah permainan beregu yang dimainkan masing-masing regu 11 orang, termasuk seorang penjaga gawang. Dalam proses permainan dipimpin oleh seorang wasit

Lebih terperinci

MODEL PERMAINAN UNTUK ANAK USIA 12 TAHUN ( 15 Model Permainan)

MODEL PERMAINAN UNTUK ANAK USIA 12 TAHUN ( 15 Model Permainan) MODEL PERMAINAN UNTUK ANAK USIA 12 TAHUN ( 15 Model Permainan) A. Permainan Target (usia 12) 1. Permainan melempar bola ke sasaran Permainan ini sangat digemari oleh anak-anak karena pola permainannya

Lebih terperinci

BRONZE MEDAL FOR PSSGOETTINGEN

BRONZE MEDAL FOR PSSGOETTINGEN BRONZE MEDAL FOR PSSGOETTINGEN Oleh: Rangga Handika Perjalanan Tim PSSGoettingen (Persatuan Sepak bola Seluruh Goettingen) 2013 tidak bisa dikatakan panjang tetapi tidak bisa dikatakan juga pendek. Tulisan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Sepakbola merupakan cabang olahraga yang sudah memasyarakat, dan

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Sepakbola merupakan cabang olahraga yang sudah memasyarakat, dan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Sepakbola merupakan cabang olahraga yang sudah memasyarakat, dan sebagai suatu hiburan bahkan suatu permainan untuk peningkatan kondisi tubuh atau sebagai prestasi

Lebih terperinci

VALUE & STANDAR KOMPETISI AIS BANDUNG FUTSAL GOES TO SCHOOL CUP III 2014

VALUE & STANDAR KOMPETISI AIS BANDUNG FUTSAL GOES TO SCHOOL CUP III 2014 VALUE & STANDAR KOMPETISI AIS BANDUNG FUTSAL GOES TO SCHOOL CUP III 2014 AIS BANDUNG GOES TO SCHOOL III 2014 adalah kompetisi Futsal SMA/SMK Se-Bandung Raya dimana kompetisi ini AIS BANDUNG berusaha untuk

Lebih terperinci

Ih! Ngagetin aja! Untung ga jantungan gue! aku berjalan meninggalkan parkiran. Lagian siang-siang bolong kaya gini ngelamun dia mentertawakanku.

Ih! Ngagetin aja! Untung ga jantungan gue! aku berjalan meninggalkan parkiran. Lagian siang-siang bolong kaya gini ngelamun dia mentertawakanku. Say Hello Siang itu matahari sangat terik. Parkiran sekolah sangat ramai dengan kaka-kaka kelas yang sudah waktunya untuk pulang. Aku memarkirkan kendaraanku dilapangan luas yang disediakan oleh pihak

Lebih terperinci

PERATURAN PERMAINAN LIGA FUTSAL Sportaculer High School and College Tournament (SPECTA) 2016

PERATURAN PERMAINAN LIGA FUTSAL Sportaculer High School and College Tournament (SPECTA) 2016 PERATURAN PERMAINAN LIGA FUTSAL Sportaculer High School and College Tournament (SPECTA) 2016 PERGANTIAN PEMAIN 1. Pergantian pemain dapat dilakukan sewaktu-waktu selama pertandingan berlangsung. 2. Jumlah

Lebih terperinci

Mama : kamu udah pulang rif? kalau mau makan bilang sama bibi aja ya.. Arif : mau kemana lagi ma?

Mama : kamu udah pulang rif? kalau mau makan bilang sama bibi aja ya.. Arif : mau kemana lagi ma? DRAMA BROKEN HOME Pada sebuah keluarga konglomerat yang ternama di Indonesia. yang di pandang masyarakat sebagai keluarga yang harmonis. Tinggalah seorang anak yang bernama arif dan abang nya yang bernama

Lebih terperinci

YANG BERWARNA BUKAN CUMA CINTA

YANG BERWARNA BUKAN CUMA CINTA YANG BERWARNA BUKAN CUMA CINTA Oleh: Goresan Tinta Emas Copyright 2013 by Goresan Tinta Emas Penerbit Goresan Tinta Emas http://gte-esqbs.blogspot.com/ goresantintaemas1@gmail.com Desain Sampul: Elvira

Lebih terperinci

DIMAS PRAMATA DEWI NURKHIKMAH

DIMAS PRAMATA DEWI NURKHIKMAH DIMAS PRAMATA DEWI NURKHIKMAH EKOR CICAK Diandra Creative Ekor Cicak Penulis: Dimas Pramata dan Dewi Nurkhikmah Editor: Tata Bahasa: Dewi Nurkhikmah Tata Letak: Sampul: Diterbitkan Oleh: Diandra Creative

Lebih terperinci

PERATURAN DAN KETENTUAN TURNAMEN FUTSAL ANTAR MADRASAH KABUPATEN SLEMAN

PERATURAN DAN KETENTUAN TURNAMEN FUTSAL ANTAR MADRASAH KABUPATEN SLEMAN PERATURAN DAN KETENTUAN TURNAMEN FUTSAL ANTAR MADRASAH KABUPATEN SLEMAN PERATURAN 1 PEMAIN Dalam setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari 5 pemain, salah satu diantaranya

Lebih terperinci

Sepenggal cerita tentang cita-cita

Sepenggal cerita tentang cita-cita 1. Sepenggal cerita tentang cita-cita Hai sobat pembaca, waktu kita kecil kita selalu ditanya cita-citamu apa?, atau kalau sudah besar mau jadi apa?. Nah ini ada sebuah cerita tentang anak kecil dan cita-citanya.

Lebih terperinci

Buku BI 1 (5 des).indd 1 10/12/2014 8:43:03

Buku BI 1 (5 des).indd 1 10/12/2014 8:43:03 Buku BI 1 (5 des).indd 1 10/12/2014 8:43:03 Ibu Utha berjualan gorengan di tepi jalan. Di sana ada pisang, bakwan, tahu, dan cireng tersedia. Rasanya? Kata para pembelinya, gorengan Ibu Utha renyah dan

Lebih terperinci

Seorang gadis sedang berjalan bahagia di

Seorang gadis sedang berjalan bahagia di Chapter I: The First Meeting Seorang gadis sedang berjalan bahagia di sepanjang jalan pada malam yang cerah. Ia melihat ke sekelilingnya dengan senyum ceria. Ia berharap hal aneh itu tidak akan muncul

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. diperhatikan, seperti waktu latihan, waktu makan, dan waktu istirahat pun diatur

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. diperhatikan, seperti waktu latihan, waktu makan, dan waktu istirahat pun diatur BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Menjadi seorang atlet diperlukan kerja keras dari awal sampai akhir, seperti persiapan saat latihan yang keras, mempersiapkan kondisi fisik dan tubuh mereka,

Lebih terperinci

Mengapa Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010?

Mengapa Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010? Herry Nurdi, Pengamat Zionisme Yahudi Semua mata tertuju ke Afrika Selatan lantaran Piala Dunia 2010 berhelat di sana. Benarkah ini sekadar olah raga bola dunia? Atau ada misi lain di balik semua itu?

Lebih terperinci

huh, akhirnya hanya mimpi, ucapnya sambil mengusap dada.

huh, akhirnya hanya mimpi, ucapnya sambil mengusap dada. Malam begitu gelap, semilir angin merasuk dalam kulit tubuh. Dingin melanda sanubari dan merasuk ke dalam jiwa. Di tempat mereka, semua orang tertidur dengan pulas, bahkan ada yang bersitepi dengan mimpi-mimpi

Lebih terperinci

PERATURAN FUTSAL. Seorang pemain hanya boleh bergabung dengan 1 tim saja. Warna baju yang dipakai masing-masing tim tidak boleh sama.

PERATURAN FUTSAL. Seorang pemain hanya boleh bergabung dengan 1 tim saja. Warna baju yang dipakai masing-masing tim tidak boleh sama. PERATURAN FUTSAL Waktu Permainan Lama pertandingan 1 babak : 15 menit Lama pertandingan 2 babak : 2x15 menit Lama waktu Istirahat Total Waktu : 2 menit : 32 menit Peraturan Utama Seorang pemain hanya boleh

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN. 1. Deskripsi data Variabel X (Menonton Sepak Bola di Televisi)

BAB IV HASIL PENELITIAN. 1. Deskripsi data Variabel X (Menonton Sepak Bola di Televisi) BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data 1. Deskripsi data Variabel X (Menonton Sepak Bola di Televisi) Deskripsi data variabel X diperoleh rentang nilai terendah 51 dan nilai tertinggi 115 dengan mean

Lebih terperinci

Kakek Sang Waktu Oleh: RIYN-QIS (Sholah Fariduddin)

Kakek Sang Waktu Oleh: RIYN-QIS (Sholah Fariduddin) Ahmad Taqi Rayhan, Abdullah ibn Mas ud, dkk. Kakek Sang Waktu Oleh: RIYN-QIS (Sholah Fariduddin) Awal, aku tidak percaya bisa melakukan hal-hal yang sebodoh ini. Aku menyesal. Mengapa diriku ini bodoh,

Lebih terperinci

Yogyakarta,3 Juli 1994 pukul WIB

Yogyakarta,3 Juli 1994 pukul WIB BAGIAN PERTAMA Yogyakarta,3 Juli 1994 pukul 22.00 WIB Seluruh dunia tengah asyik menyaksikan satu tayangan menarik bagi para penggila ataupun hanya sekedar have fun menonton. Tinggal memilih nonton di

Lebih terperinci

ONE. Nggak, gue gak mau ikut. Sergah Tamara. Kenapa? Siapa tau lo disana nemuin jodoh. Iya bener, gue gak mau tau alasan lo

ONE. Nggak, gue gak mau ikut. Sergah Tamara. Kenapa? Siapa tau lo disana nemuin jodoh. Iya bener, gue gak mau tau alasan lo ONE Nggak, gue gak mau ikut. Sergah Tamara. Kenapa? Siapa tau lo disana nemuin jodoh lo, bujuk Vista. Iya bener, gue gak mau tau alasan lo kenapa, yang penting lo harus ikut ke party itu Ra balas Sherly.

Lebih terperinci

2015 PENGARUH PENGGUNAAN BOLA MOD IFIKASI TERHAD AP HASIL BELAJARA PASSING D AN STOPING D ALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA D I SMP NEGERI 4 BAND UNG

2015 PENGARUH PENGGUNAAN BOLA MOD IFIKASI TERHAD AP HASIL BELAJARA PASSING D AN STOPING D ALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA D I SMP NEGERI 4 BAND UNG 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Penelitian Dengan dilatar belakangi oleh pribadi yang sangat menyukai olahraga sepakbola peneliti selalu memperhatikan semua kegiatan sepakbola dimanapun itu dilakukan

Lebih terperinci

Perlu waktu bagi anak anak itu untuk menjadi bagian dari kegelapan sebelum pohon pohon terlihat lebih jelas. Sebelum semak semak tinggi terlihat

Perlu waktu bagi anak anak itu untuk menjadi bagian dari kegelapan sebelum pohon pohon terlihat lebih jelas. Sebelum semak semak tinggi terlihat Perlu waktu bagi anak anak itu untuk menjadi bagian dari kegelapan sebelum pohon pohon terlihat lebih jelas. Sebelum semak semak tinggi terlihat lebih jelas. Sebelum batang pohon terlihat seperti batang

Lebih terperinci

Tubuh-tubuh tanpa bayangan

Tubuh-tubuh tanpa bayangan Tubuh-tubuh tanpa bayangan Ada sebuah planet bernama Arais. Planet Arais dihuni oleh suatu makhluk bernama Tubuh berjubah hitam. Mereka adalah makhluk yang sepanjang masa hanya berdiri di tempat yang sama.

Lebih terperinci

Hari ini adalah hari pertama Cha In Hyeong masuk sekolah menengah atas. In Hyeong berhasil masuk sekolah nomor satu di Kota Busan, Korea Selatan

Hari ini adalah hari pertama Cha In Hyeong masuk sekolah menengah atas. In Hyeong berhasil masuk sekolah nomor satu di Kota Busan, Korea Selatan Hari ini adalah hari pertama Cha In Hyeong masuk sekolah menengah atas. In Hyeong berhasil masuk sekolah nomor satu di Kota Busan, Korea Selatan yaitu Busan International School dan ia berhasil masuk hanya

Lebih terperinci

TUHAN HARUS BERTANGGUNG JAWAB

TUHAN HARUS BERTANGGUNG JAWAB TUHAN HARUS BERTANGGUNG JAWAB Rasanya sangat asing mendengar bahwa Tuhan harus bertanggungjawab. Kebanyakan dari buku-buku dan segala tulisan yang ada adalah membahas tentang bagaimana manusia harus bertanggung

Lebih terperinci

Tarung Bebas Selempang Pendekar Jember: Kejarlah Daku Kau Ku-papas..!

Tarung Bebas Selempang Pendekar Jember: Kejarlah Daku Kau Ku-papas..! Tarung Bebas Selempang Pendekar Jember: Kejarlah Daku Kau Ku-papas..! Sebuah tendangan balik memutar menimbulkan kesiur angin yang kuat. Budi Hartono, si pemilik tendangan berharap serangannya kali ini

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI KARYA

BAB V IMPLEMENTASI KARYA BAB V IMPLEMENTASI KARYA 5.1 Rough Show Window Gambar 5.1 Rough Show Window Dalam rough show window ada beberapa elemen yang dihadirkan dan dibuat terdiri dari bola, gawang, dan bendera negara-negara sepak

Lebih terperinci

Buku Panduan TOKODAI CUP 2013

Buku Panduan TOKODAI CUP 2013 Buku Panduan TOKODAI CUP 2013 Buku panduan ini dibuat untuk memberikan penjelasan kepada para peserta mengenai aturan aturan yang akan diberlakukan pada Tokodai Cup 2013. Peserta dimohon membaca buku panduan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. kalangan bermain olahraga ini mulai dari yang tua, muda, bahkan anak-anak pun

BAB I PENDAHULUAN. kalangan bermain olahraga ini mulai dari yang tua, muda, bahkan anak-anak pun BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di dunia. Semua kalangan bermain olahraga ini mulai dari yang tua, muda, bahkan anak-anak pun mempunyai hobby

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Penelitian

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Penelitian 1 A. Latar Belakang Penelitian BAB I PENDAHULUAN Olahraga pada sekarang ini berkembang sangat cepat sesuai dengan perkembangan jaman. Perkembangan jaman berpengaruh terhadap munculnya cabang olahraga baru,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Film drama Hari Ini Pasti Menang pertama kali di mulai dalam sebuah

BAB I PENDAHULUAN. Film drama Hari Ini Pasti Menang pertama kali di mulai dalam sebuah BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Film drama Hari Ini Pasti Menang pertama kali di mulai dalam sebuah pertandingan antara Jakarta Metropolitan VS Maung Bodas, club Jakarta Metropolitan mempunyai

Lebih terperinci

KEMAMPUAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA KELAS VIII SMP N 2 PANDAK. Oleh Fitri Hermawan N dan Soni Nopembri Universitas Negeri Yogyakarta

KEMAMPUAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA KELAS VIII SMP N 2 PANDAK. Oleh Fitri Hermawan N dan Soni Nopembri Universitas Negeri Yogyakarta KEMAMPUAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA KELAS VIII SMP N 2 PANDAK Oleh Fitri Hermawan N dan Soni Nopembri Universitas Negeri Yogyakarta Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan

Lebih terperinci

106 Perpustakaan Unika LAMPIRAN

106 Perpustakaan Unika LAMPIRAN LAMPIRAN 106 107 LAMPIRAN 1 KUESIONER 108 KUESIONER Persepsi Suporter Panser Biru di Karangrejo Mengenai Job Specification Pelatih Sepakbola Tim PSIS Semarang Saya mohon kesediaan saudara untuk mengisi

Lebih terperinci

LATIHAN PERNAFASAN. Pengantar

LATIHAN PERNAFASAN. Pengantar LATIHAN PERNAFASAN Pengantar 1. Teknik pernafasan: kembangkan perut pada saat menarik nafas dalam, dan kempiskan perut pada saat membuang nafas. 2. Sebaiknya bernafas melalui hidung. 3. Biarkan dada mengikuti

Lebih terperinci

Jalan hidup memang tak selamanya mudah, pasti ada tikungan, tanjakan, dan rintangan yang harus kita lewati. Tak usah takut kawan, hadapilah dengan

Jalan hidup memang tak selamanya mudah, pasti ada tikungan, tanjakan, dan rintangan yang harus kita lewati. Tak usah takut kawan, hadapilah dengan Jalan hidup memang tak selamanya mudah, pasti ada tikungan, tanjakan, dan rintangan yang harus kita lewati. Tak usah takut kawan, hadapilah dengan semangat, dan terus melangkah hadapi dengan jiwa yang

Lebih terperinci

Bab 1. Awal Perjuangan

Bab 1. Awal Perjuangan Bab 1 Awal Perjuangan Ivan adalah nama dari seorang anak yang memiliki cita-cita sekolah karena keterbatasan biaya Ivan harus membantu kedua orang tuanya ayah yang bekerja sebagai pemulung sampah dan ibu

Lebih terperinci

A. Rita. Penerbit. Karya Cinta

A. Rita. Penerbit. Karya Cinta A. Rita Penerbit Karya Cinta Kenangan Perjalanan Jauh Oleh: A. Rita Copyright 2014 by A. Rita Penerbit (Karya Cinta) (karyacinta-rita.blogspot.com) (arashirita@gmail.com) Desain Sampul: (A. Rita ) Diterbitkan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Sepakbola merupakan olahraga yang paling terkenal di dunia, tidak hanya oleh orang dewasa, anak-anak, pria, bahkan wanita pun memainkan olahraga ini. Sepakbola adalah

Lebih terperinci

Draft Novel. Warna Roti Ryasa. By: Prieska Oliviera

Draft Novel. Warna Roti Ryasa. By: Prieska Oliviera Draft Novel Warna Roti Ryasa By: Prieska Oliviera Sinopsis Aku percaya bahwa setiap manusia diberikan kepercayaan untuk melukiskan kisah hidupnya di sebuah kertas putih dan hal itulah yang aku lakukan.

Lebih terperinci

PROLOG. Terbangun di tempat yang aku tidak mengenalnya bukanlah impianku.

PROLOG. Terbangun di tempat yang aku tidak mengenalnya bukanlah impianku. PROLOG Terbangun di tempat yang aku tidak mengenalnya bukanlah impianku. Tersadar lalu melihat sekeliling dan menjadi asing. Di manakah aku? Aku ingat aku tertidur di antara buku-buku dan kesedihan. Aku

Lebih terperinci

Juli Milik kita. Aku sudah sampai depan RS Margono. siap. menunggu. engga usah kaget, aku bisa. menit aku sampai, tunggu ya mas

Juli Milik kita. Aku sudah sampai depan RS Margono. siap. menunggu. engga usah kaget, aku bisa. menit aku sampai, tunggu ya mas Juli Milik kita Hanya ada dua kali dalam satu tahun Kebahagiaan yang luar biasa bagi kita Kerinduan yang sekian lama terpendam, kini terbayar juga Cuti kenaikan tingkat, dari tingkat 2 menuju tingkat 3

Lebih terperinci

AMINAH. udah hampir setengah jam Aminah mengurung

AMINAH. udah hampir setengah jam Aminah mengurung AMINAH udah hampir setengah jam Aminah mengurung S dirinya di dalam kamar. Ibunya, bahkan anaknya tak mampu membujuk Aminah untuk makan maupun meneguk segelas air putih. Baginya saat ini, air putih tidaklah

Lebih terperinci

INTERVIEW GUIDE A. Company Profil B. Tahap Perencanaan strategi Positioning C. Tahap Pelaksanaan strategi Positioning

INTERVIEW GUIDE A. Company Profil B. Tahap Perencanaan strategi Positioning C. Tahap Pelaksanaan strategi Positioning INTERVIEW GUIDE A. Company Profil 1. Bagaimana sejarah dan perkembangan Mimikri Invitation? 2. Bagaimana struktur organisasi Mimikri Invitation? 3. Bagaimana logo yang digunakan Mimikri Invitation? 4.

Lebih terperinci

Kaki Langit. Bulan dan Matahari

Kaki Langit. Bulan dan Matahari Kaerala Kaki Langit antara Bulan dan Matahari Penerbit Kaerala Kaki Langit antara Bulan dan Matahari Oleh: Kaerala Copyright 2014 by Kaerala Penerbit Kaerala Desain Sampul: Kaerala Diterbitkan melalui:

Lebih terperinci

BROADCASTING NASKAH AKU INGIN MENIKAH

BROADCASTING NASKAH AKU INGIN MENIKAH BROADCASTING NASKAH AKU INGIN MENIKAH Oleh : Tia Hapsari 10.21.0486 JURUSAN S1 TRANSFER TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 1. NASKAH AKU INGIN MENIKAH

Lebih terperinci

Sesuatu yang LEBIH atau BEDA?

Sesuatu yang LEBIH atau BEDA? Sesuatu yang LEBIH atau BEDA? Hidup adalah perjuangan, gitu kata orang-orang zaman dulu. Berarti selama kita hidup jelas kita harus berjuang. Kalau nggak berjuang berarti nggak hidup. Deal? Dengan kata

Lebih terperinci

A. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap cabang olahraga memiliki sejarah kelahirannya sendiri-sendiri, begitu juga dengan sepakbola. Sepakbola merupakan olahraga yang dikenal sejak ribuan tahun yang

Lebih terperinci

Nomor : 82/SE/2011 Sifat : Penting Lampiran : Hal : Pengaturan Pembelajaran Selama SEA Games ke 26 Tahun 2011 di Jakarta.

Nomor : 82/SE/2011 Sifat : Penting Lampiran : Hal : Pengaturan Pembelajaran Selama SEA Games ke 26 Tahun 2011 di Jakarta. PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN Jalan Jend. Gatot Subroto Kav. 40-41 Telp. 5204095, 5204087 5204039 5271472 Fax. 5271423, 5204039, 5271424 J A K A R T A Kode Pos 12950

Lebih terperinci

Hey, sedang apa kamu di situ teriak Very yang mengetahui ada orang didaerah kekuasaannya.

Hey, sedang apa kamu di situ teriak Very yang mengetahui ada orang didaerah kekuasaannya. H ijaunya dedaunan masih bisa dirasakan, bersihnya udara masih bisa dihirup dengan bebas. Anak-anak kecil berlarian kesana-kemari tanpa memikirkan makan apa besok? Orangorang masih bisa menikmati setiap

Lebih terperinci

Jangan Sekadar Jadi Guru

Jangan Sekadar Jadi Guru Jangan Sekadar Jadi Guru (sumber: www.school.philipmar n.info) Sebutlah namanya Pak Kardun, ia adalah salah seorang guru SD di sebuah desa terpencil. Menariknya, walaupun sekolahnya tak besar dan gaji

Lebih terperinci

Seru sekali lomba lari itu! Siapa yang lebih dulu tiba di lapangan, dialah yang menjadi pemenang...

Seru sekali lomba lari itu! Siapa yang lebih dulu tiba di lapangan, dialah yang menjadi pemenang... SODIS BOTOL AJAIB Seru sekali lomba lari itu! Mereka berlari sekencang-kencangnya untuk memenangkan perlombaan. 4 5 Pada suatu pagi di hari Minggu, Ani dan Ayah berjalan-jalan. Sesampai di dekat lapangan,

Lebih terperinci

Loyalitas Tanpa Batas

Loyalitas Tanpa Batas Loyalitas Tanpa Batas Cintailah perusahaan dimana kamu bekerja meski tidak membuat mu kaya, tetapi dapat memberikan kehidupan. Itulah sepenggal kata yang dapat saya simpulkan setelah mendengar, merangkum,

Lebih terperinci

Komunikasi Orang Tua. dan Pengaruhnya Pada Anak SERI BACAAN ORANG TUA

Komunikasi Orang Tua. dan Pengaruhnya Pada Anak SERI BACAAN ORANG TUA 27 SERI BACAAN ORANG TUA Komunikasi Orang Tua dan Pengaruhnya Pada Anak Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER FAKTOR-FAKTOR PROKRASTINASI AKADEMIK SEBELUM UJI COBA. No. Pernyataan SS S N TS STS

LAMPIRAN 1 KUESIONER FAKTOR-FAKTOR PROKRASTINASI AKADEMIK SEBELUM UJI COBA. No. Pernyataan SS S N TS STS LAMPIRAN 1 KUESIONER FAKTOR-FAKTOR PROKRASTINASI AKADEMIK SEBELUM UJI COBA No. Pernyataan SS S N TS STS 1 2 Saya tidak mendaftar sidang skripsi pada periode ini karena merasa belum siap. Saya tersinggung

Lebih terperinci

PELAYANAN ANAK. GPdI HALELUYA CIMAHI. Jalan Kolonel Masturi 67 Telepon: (022) No: 02/ V/ RH/ Pelnap/ 2008

PELAYANAN ANAK. GPdI HALELUYA CIMAHI. Jalan Kolonel Masturi 67 Telepon: (022) No: 02/ V/ RH/ Pelnap/ 2008 PELAYANAN ANAK GPdI HALELUYA CIMAHI Jalan Kolonel Masturi 67 Telepon: (022) 6650757 No: 02/ V/ RH/ Pelnap/ 2008 2 Bagaimana cara membaca renungan ini? 1. Adik adik siapkan dulu Alkitab, buku renungan dan

Lebih terperinci

Keluarga. Tema 1. Kamu Harus Mampu. Setelah mempelajari tema ini, kamu akan mampu mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Keluarga. Tema 1. Kamu Harus Mampu. Setelah mempelajari tema ini, kamu akan mampu mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Tema 1 Keluarga Dengan bahu membahu bersama teman, gol akan lebih mudah tercipta. Demikian juga dengan perjuangan bangsa. Dengan persatuan dan kesatuan, penjajah akhirnya bisa kita usir. Kamu Harus Mampu

Lebih terperinci

JUDUL FILM: Aku Belum Mati tapi Tidak Hidup

JUDUL FILM: Aku Belum Mati tapi Tidak Hidup JUDUL FILM: Aku Belum Mati tapi Tidak Hidup 1. EXT. Pinggrian Rel Kereta Api (Siang) BEJO, seorang anak laki-laki berusia 24 tahun, berjalan menyusuri rel sepulang dari bekerja mengais rupiah di jalanan,

Lebih terperinci

SEPAK BOLA 1. PERATURAN UMUM

SEPAK BOLA 1. PERATURAN UMUM SEPAK BOLA 1. PERATURAN UMUM 1A. Sifat Peraturan Keputusan Panitia Liga Merah Maroon adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Semua peserta Liga Merah Maroon wajib mengikuti semua aturan yang telah

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. meningkatkan kehidupan masyarakat disegala bidang siswa merupakan bagian

BAB I PENDAHULUAN. meningkatkan kehidupan masyarakat disegala bidang siswa merupakan bagian BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dibangun untuk meningkatkan kehidupan masyarakat disegala bidang siswa merupakan bagian dari masyarakat sekolah yang

Lebih terperinci

Belajar Menikmati Sepakbola dari Kacamata Taktik

Belajar Menikmati Sepakbola dari Kacamata Taktik Belajar Menikmati Sepakbola dari Kacamata Taktik Menjadi penggila tontonan sepakbola itu alami, tetapi menjadi penonton sepakbola yang cerdas itu pilihan! Makin banyak Anda belajar soal taktik sepakbola,

Lebih terperinci