SIKAP MENGHARGAI KERJASAMA & AKUNTABILITAS INTEGRITAS INGRAM MICRO CODE OF CONDUCT TANGGUNG JAWAB SOSIAL INOVASI BELAJAR

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "SIKAP MENGHARGAI KERJASAMA & AKUNTABILITAS INTEGRITAS INGRAM MICRO CODE OF CONDUCT TANGGUNG JAWAB SOSIAL INOVASI BELAJAR"

Transkripsi

1 SIKAP MENGHARGAI KERJASAMA & AKUNTABILITAS INTEGRITAS INGRAM MICRO TANGGUNG JAWAB SOSIAL INOVASI BELAJAR Oktober

2 PESAN-PESAN DARI CEO Alain Monié Untuk dapat sukses saat ini, tidak hanya kita harus berusaha sekuat mungkin untuk memberikan teknologi terbaru kepada dunia; kita harus menjaga standar etika yang tinggi. Mematuhi aturan dan hukum yang mengatur industry kita adalah langkah penting yang pertama, namun lebih dari itu, kita selalu diharapkan untuk dapat melakukan hal yang benar, dengan cara yang benar, setiap hari. Pedoman Perilaku ini adalah landasan dari program compliance kita. Dibangun dengan nilai-nilai dasar perusahaan yaitu Kerjasama, Sikap Menghargai, Akuntabilitas, Integritas, Belajar dan Inovasi. Melalui aturan ini, kita akan selalu bertindak benar untuk mencapai nilai-nilai perusahaan disaat kita tetap focus untuk memberikan sukses kepada rekanan usaha, associates dan para investor. Namun demikian, aturan ini, tidak dibuat untuk dapat menjawab setiap pertanyaan atau masalah yang ada, yang mungkin timbul saat anda bekerja di Ingram Micro, sehingga saya sarankan kepada anda untuk selalu melakukan penilaian yang benar, dan, bila anda ragu, mintalah pendapat dari atasan anda, Human Resources atau Legal Department. Selama bertahun-tahun kita membangun reputasi dan nilai inti Ingram Micro, terutama integritas, namun hanya membutuhkan waktu sesaat untuk merusaknya. Mari bersama-sama kita jalankan Code of Conduct ini, hidup dan bekerja sesuai dengan standar etika sebagai dasarnya. Terima kasih Hormat saya Alain Monié President and Chief Executive Officer Ingram Micro Inc.

3 PESAN-PESAN DARI CHAIRMAN OF THE BOARD Dale Laurance Pedoman Perilaku Ingram Micro berlaku untuk kita semua di Ingram Micro, termasuk para anggota Direksi. Sebagaimana dikatakan dalam paragraf pembuka dari Aturan tersebut, kita memiliki komitmen pada prinsip-prinsip tertinggi tingkah laku menurut hukum dan etika. Direksi berharap agar masing-masing dari Anda membiasakan diri dengan Aturan tersebut dan mematuhinya serta menjalankannya dalam melaksanakan tugas Anda di Ingram Micro. Yang tak kalah penting, Direksi berharap agar apabila Anda merasa ragu tentang sesuatu hal dalam Aturan tersebut atau tentang cara penerapannya dalam situasi tertentu,anda dapat berkonsultasi dengan penyelia Anda, bagian sumber daya manusia atau bagian hukum. Hormat saya, Dale Laurance Chairman of the Board Ingram Micro Inc.

4 Pengantar Keluarga Ingram Micro terdiri dari orang-orang luar biasa yang menjalankan dan berbagi nilai-nilai berikut ini; Inovasi Kita selalu mencari cara untuk memberi nilai lebih pada para pelanggan, pemegang saham, supplier, dan sesama associates. Kita selalu siap menghadapi perubahan dan membuat solusi sebelum ditanyakan. Akuntabilitas Kita melakukan apa yang kita katakan. Secara berkesinambungan, kita membuat hasil yang memenuhi atau melampaui keinginan para pelanggan dan supplier. Kita menghargai tanggung jawab team dan individual untuk mencapai komitmen kita. Integritas Kita mempercayai standar etika yang tinggi, bertindak dengan jujur serta adil dalam melakukan setiap tindakan, kapanpun dan dimanapun. Kerjasama & Sikap Menghargai Kita menghargai hak dan kepercayaan dari rekan kerja, partners dan komunitas dimana kita berada. Kita memperlakukan pihak lain dengan standart kehormatan, keseimbangan dan kepercayaan yang tinggi, dan menggunakan perbedaan yang ada untuk mencapai satu tujuan yang sama. Sebagai team, kita memberikan lebih dari individual. Belajar Kita selalu mempelajari hal baru untuk meningkatan kinerja dan pertumbuhan, baik untuk perusahaan maupun diri sendiri. Tanggung Jawab Sosial Kita bekerja sama dengan para pelanggan dan supplier untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan kita. Kita bertanggung jawab, bertindak sebagai warga yang baik, dengan terlibat, secara sukarela, dan memberikan berbagai bentuk sumbangan lainnya, di lingkungan tempat kita berada. Apa yang Harus Saya Lakukan? Saya telah membaca Pedoman Perilaku dan memahami bahwa Ingram Micro sebagai perusahaan terbuka dan terdaftar, harus mematuhi beberapa prinsip, namun di Negara saya, banyak hal yang berbeda. Bagaiamana Anda menginginkan saya bekerja sesuai dengan yang dijabarkan dalam aturan ini? Biasakan diri anda dengan pedoman dan memahami isinya ketika anda memiliki keraguan terhadap standar yang berlaku. Kita semua berasal dari Negara, budaya dan latar belakang yang berbeda sehingga Pedoman Perilaku kita dikembangkan untuk membantu kita memahami prinsip dasar dalam membuat keputusan serta tingkah laku kita di Ingram Micro. Hal ini akan menghilangkan tindakan yang berdasarkan perkiraan dan menciptakan budaya perusahaan, dan persatuan di lingkungan kita karena nilai-nilai ini. Laporkan bila anda menemukan hal-hal atau tindakan-tindakan yang bertentangan dengan hukum dan standard tingkah laku. Ingram Micro akan melindungi anda dari tindakan balas dendam terhadap Karyawan yang melaporkan hal tersebut untuk tujuan yang baik.

5 Pengantar Apakah Aturan ini Berlaku untuk Saya? Pedoman Perilaku ini berlaku untuk setiap orang di Ingram Micro, di setiap wilayah anggota Dewan Direksi, para pejabat yang ditunjuk oleh Direksi serta Karyawan. Sebagai tambahan, Ingram Micro berharap pihak ketiga yang bekerja dengan Ingram Micro juga menjalankan hal ini serta menjalankan standar tingkah laku yang tinggi serta menunjukan tingkah laku yang jujur dan adil dalam setiap tindakan mereka. Apa yang menjadi tanggung jawab saya? Kita semua direksi, pejabat yang ditunjuk, karyawan bertanggung jawab untuk menjalankan Aturan ini serta kebijakan dalam bidang hukum dan tingkah laku. Yang tidak kalah pentingnya, kita semua bertanggung jawab untuk melaporkan dengan segera, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan tingkah laku yang kita temui, sesuai dengan prosedur yang akan dijabarkan dalam Aturan ini. Jangan menyembunyikan masalah, berharap untuk tidak ditemukan semua isu harus dikemukakan secepatnya. Kewajiban ini di Ingam Micro dikenal sebagai Sunshine Rule dan merupakan salah satu bagian paling penting dari Pedoman Perilaku kita. Ingram Micro akan melindungi semua karyawan yang menjalankan Sunshine Rule dengan niatan yang baik dari segala bentuk dan tindakan balas dendam. Juga, kita semua bertanggung jawab untuk bertanya mengenai Aturan ini, mencari petunjuk, baik dari atasan kita, atau sebagai contoh dari Human Resources department atau Legal department. Apa yang Harus Saya Lakukan? Saya mengetahui adanya pelanggaran tingkah laku di tempat kerja saya, tapi saya takut untuk melaporkannya. Saya takut akan dimusuhi oleh rekan kerja saya, atau atasan saya akan membalas tindakan saya bila saya laporkan. Laporkan! Perusahaan akan melindungi anda dari tindakan balas dendam atau disiplin atau tindakan yang merusak hubungan kerja, bila, anda dengan niat baik, melaporkan tindakan yang dicurigai melanggar hukum atau benturan kepentingan, dan dikemudian hari kecurigaan tersebut menjadi nyata. Non-Retaliation Policy Tidak tahu bukan merupakan alasan untuk melanggar Aturan ini The General Counsel bertanggung jawab untuk menjalankan dan mengenalkan Pedoman Perilaku dan aturan perusahaan lainnya mengenai hukum dan aturan etika, termasuk mengeluarkan petunjuk serta penjelasan, dengan diawasi oleh Komite Audit dari Dewan Direksi.

6 Bagaimana saya melaporkan pelanggaran, menyampaikan masalah atau bertanya? Karyawan mencurigai terjadi pelanggaran Pedoman Perilaku atau aturan perusahaan yang berkaitan dengan hukum atau tingkah laku, harus sesegera mungkin melaporkannya, dan mengemukakan potensi masalah benturan kepentingan tersebut, kepada ataan, HRD atau Legal department, kepada Regional Compliance Officer, atau General Counsel. Karyawan juga dapat melaporkan pelanggaran tersebut dengan menghubungi Ingram Micro Hotline (secara anonym bila dirasa perlu). Semua pejabat, mencurigai terjadinya pelanggaran Pedoman Perilaku atau peraturan perusahaan di bidang hukum atau tingkah laku, harus secepatnya melaporkan hal tersebut, dan menyampaikan kemungkinan terjadinya konflik kepentingan,tersebut kepada General Counsel. Selanjutnya, Chief Executive Officer dan penanggung jawab keungan (dalam hal ini Chief Financial Officer, Corporate Controller and pejabat dan karyawan lain yang telah ditetapkan oleh General Counsel) harus secepatnya menyampaikan kepada General Counsel semua materi yang dapat menimbulkan konflik kepentingan. General Counsel harus memberitahu Audit Committee temuan tersebut. Benturan Kepentingan dan masalah hukum atau tingkah laku yang melibatkan General Counsel harus disampaikan kepada Audit Committee. Apa yang Harus Saya Lakukan? Saya memiliki pertanyaan dalam mengartikan Aturan ini. Saya tidak yakin apakah hal ini termasuk dalam keadaan yang saat ini sedang saya hadapi. Hubungi Regional Compliance Officer, Chief Compliance Officer, atau Legal atau Human Resources departments untuk bantuan lebih lanjut. Pejabat dan direksi harus menyampaikan pertanyaan mereka kepada General Counsel. Semua direktur, yang mencurigai adanya pelanggaran dari Pedoman Perilaku, atau peraturan bidang hukum atau etika, harus sesegera mungkin melaporkannya, dan menyampaikan semua kemungkinan benturan kepentingan yang terjadi, kepada General Counsel, yang kemudian harus memberitahukan Audit Committee.

7 Apa aturan serta prinsip-prinsipnya? Inti dari aturan ini adalah kita semua, baik direksi, pejabat atau karyawan, diharapkan untuk menjalankan standar hukum dan etika dalam bertingkah laku yang tinggi, termasuk patuh terhadap semua aturan dan hukum dinegara masing-masing di tempat perusahaan beroperasi. Menjalankan prinsip ini yang berarti bahwa kita harus patuh terhadap Aturan dan Kebijakan perusahaan yang secara khusu mengatur soal hukum dan tingkah laku. Perhatikan aturan ada di intranet perusahaan, yang akan terus diperbaharui atau dirubah dari waktu ke waktu. Klik disini untuk access langusng ke portal mengenai aturan perusahaan Rangkuman dari beberapa aturan yang penting adalah sebagai berikut: Anti-Boycott: Kita mematuhi aturan Anti-Boycott milik AS dan tidak akan melakukan bentuk dukungan atau tindakan lainnya terhadap bentuk boikot terhadap Negara asing yang tidak terkena sangsi. Anti-Bribery: Kita tidak dapat membayar lebih atau menawarkan uang atau hal lainnya kepada pejabat negara, pejabat dari organisasi internasional, kandidat politik atau partai politik dengan tujuan untuk mendapatkan atau mempertahankan bisnis Ingram Micro. Hal ini berlaku baik untuk pemberian secara langsung maupun tidak langsung, termasuk bila dilakukan melalui pihak ketiga (independent contractors yang bekerja dengan dasar komisi, yang membantu atau memfasilitasi Ingram Micro untuk mendapatkan atau mempertahankan bisnis, seperti agent, sales consultants atau advisor), vendors, resellers atau service providers. Ingram Micro Anti-Bribery Policy juga melarang kita untuk melakukan pembayaran baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan menyuap, kepada karyawan dari perusahaan pelanggan atau vendor untuk mendapatkan atau mepertahankan bisnis atau mempengaruhi keputusan mereka. Apa yang harus saya lakukan? Suatu reseler meminta kepada perusahaan untuk memfasilitasi perjalanan ke California Selatan untuk pada pembuat keputusan beserta keluarganya dari Departemen Kesehatan. Hal ini dapat menambah pembelian 2,000 unit proyektor yang telah dibicarakan selama setahun terakhir. Bukan hal yang perlu dipusingkan, anak-anak pejabat tersebut akan sangat menyukai Disneyland dan saya akan buat mereka bahagia. Jangan lakukan, walaupun anda menyukai anak-anak. Kita tidak dapat membayar atau menawarkan atau menyediakan baik secara langsung maupun tidak langsung suatu nilai tertentu pada pejabat pemerintah untuk mendapatkan atau mempertahankan bisnis. Perjalanan ini dapat melanggar beberapa aturan mengenai Anty Bribery, khususnya aturan Forreign Corrupt Practices Act. Secepatnya Anda harus melaporkan ini ke Legal department.

8 Apa aturan serta prinsip-prinsipnya? Anti-Trust and Competition Laws: Sebagai bagian dari kebijakan Ingram Micro agar bertindak adil dan jujur kepada pelanggan, suppliers dan kompetitor, kita patuh terhadap hukum yang berlaku mengenai anti-trust atau competition laws, termasuk larangan untuk menetapkan harga atau mengatur keuntungan dengan competitor. Conflicts of Interest: Kita harus menghindari adanya keadaan yang kita ketahui atau harus kita ketahui, dapat menciptakan atau menimbulkan kemungkinan terjadinya konflik kepentingan dan berakibat langsung kepada perusahaan, sebagaimana yang dijelaskan dalam kebijakan perusahaan mengenai Konflik Kepentingan. Selanjutnya, kita tidak diperbolehkan menggunakan asset perusahaan untuk kepentingan pribadi atau kesempatan bisnis pribadi yang diperoleh dengan menggunakan asset perusahaan,informasi atau posisi. Export Laws: Kita mematuhi hukum eksport Amerika Serikat dan Negara lain dimana kita berada, termasuk larangan untuk melakukan transaksi dengan pihak tertentu atau pihak yang ada dalam Dafar Larangan dan beberapa Negara tujuan. External Communications: Sebagai perusahaan yang terdaftar di bursa efek New York, Ingram Micro memiliki kewajiban komunikasi yang harus dijalankan. Dengan demikian, hanya pihak tertentu yang diberikan wewenang yang boleh berhubungan dengan media atas hal-hal yang dapat mempengaruhi perusahaan, dan tidak boleh menyampaikan materi, hal-hal yang bersifat untuk informasi dalam perusahaan atau pengembangan, kepada pihak-pihak diluar perusahaan. (termasuk keluarga, kerabat maupun teman), kecuali bila hal tersebut diperbolehkan sesuai dengan aturan perusahaan. Namun demikian, hal ini tidak menghalangi karyawan untuk mematuhi aturan baik lokal, wilayah maupun Negara, termasuk dengan badan-badan pemerintah yang bersifat emergensi. Apa yang harus saya lakukan? Saya sedang berada di suatu vendor even, dan dalam suatu sesi, beberapa pihak competitor dan vendor berbicara mengenai profit margin dan cost atas suatu pekerjaan tertentu.diskusi atau menukar informasi dengan kompetitor terkait dengan masalah antitrust adalah isu yang sensitif (harga, T&C, market, pelanggan, keuntungan, margin, proses tender, dsb) harus dihindari. Dengan hanya ada dalam pertemuan tersebut dan diam saja dapat membuat anda menjadi rekan konspirasi. Hentikan diskusi tersebut atau tinggalkan! Laporkan hal tersebut ke Legal department. Social Networking and Blogging: Adalah sesuatu yang wajar untuk berkomunikasi dengan teman, pelanggan, rekan kerja dan orang-orang lainnya dalam hidup kita. Kita mematuhi peraturan perusahaan dalam menggunakan media sosial dan blog yang berhubungan dengan Ingram Micro.

9 Apa aturan serta prinsip-prinsipnya? Financial Disclosures: Kita harus memastikan bahwa Ingram Micro mematuhi semua aturan Bursa serta aturan lainnya mengenai keuangan, serta hasil akhir keungan perusahaan, dan hasil akhir usaha, dengan lengkap, jujur, akurat, tepat waktu dan dapat diterima. Guidelines in Gathering Competitive Intelligence: Kita hanya mengumpulkan informasi intelijen yang kompetitif sesuai dengan hukum yang berlaku mengenai anti-trust dan competition laws serta nilai-nilai perusahaan kita. Pertukaran data rahasia antara kita dengan competitor secara langsung sangat tidak diperbolehkan. Guidelines on Trading in Securities: Kita tidak dapat memperdagangkan sekuritas Ingram Micro berdasarkan materi atau informasi dari dalam, atau bila kita diminta untuk melakukannya. Demikian juga, kita tidak diperbolehkan memperdagangkan sekuritas perusahaan lain, atau meminta untuk melakukannya, berdasarkan materi atau informasi dari dalam yang diperoleh karena tugas kita untuk Ingram Micro. Protection of Proprietary Information: Kita harus menjaga Informasi dan Hak Cipta Ingram Micro dan pihak ketiga yang dipercayakan kepada Ingram Micro, dari semua kemungkinan hilang, dicuri, dirubah tanpa ijin, atau diumumkan kepada public tanpa ijin. Receipt of Gifts and Gratuities: Kita bisa menerima (namun tidak boleh menita) dari supplier yang ada atau yang akan bekerja sama dengan kita, atau penawaran dari pelanggan, hanya bila penawaran dari pelanggan dalam bentuk hadiah, persentase, segala bentuk hiburan, atau tindakan balas budi yang tidak berlebihan dan sesuai dengan standard dalam dunia bisnis serta tidak umum dalam standard bisnis, sesuai dengan Gift and Entertainment Policy, serta persyaratan dari perusahaan. Apa yang harus saya lakukan? Sebuah vendor mengundang saya dalam suatu event olahraga dimana kita akan bertanding sekaligus berbicara mengenai kemungkinan bisnis. Harga tiketnya adalah US$250. Apakah saya harus ikut? Ini merupakan entertainmen dalam bisnis. Anda dapat menerima undangan tersebut. Catatan: Bila vendor hanya menawarkan anda dua tiket untuk event tersebut, tanpa ada rencana dari dia untuk menemani anda, hal itu merupakan sebuah bentuk hadiah, sehingga anda harus menolaknya, karena telah melawati batas harga pemberian hadiah yang diperbolehkan. Yang juga harus anda ingat sehubungan dengan hadiah yang anda terima atau tawarkan adalah anda harus memiliki penilaian apakah hal tersebut wajar dan dapat mempengaruhi suatu keputusan atau tidak. Bila anda ragu, bicarakan dengan atasan anda agar tindakan yang anda lakukan tepat.

10 Apa aturan serta prinsip-prinsipnya? Records Retention: Kita harus menjaga dokumen milik perusahaan sesuai dengan jadwal penyimpanan dokumen yang dilakukan oleh Ingram Micro secara spesifik di beberapa Negara. Smart Citizens: Sebagai individu dan karyawan perusahaan yang beroperasi secara global, kita berkomitmen untuk menjalankan tanggung jawab sosial di tiga area: Our Environment: Kita berada didepan sebagai perusahaan yang akuntabel bertanggung jawab secara sosial, bersama dengan vendor dan partner customer, untuk meminimalisasi dampak buruk terhadap lingkungan. Kita meningkatkan penggunaan green technology sekaligus juga menemukan dan secara aktif mengurangi resiko polusi yang diakibatkan oleh aktifitas yang kita lakukan, produk atau jasa, untuk secara aktif mengurangi beban lingkungan. Kita selalu sampaikan komitmen yang kita miliki, termasuk kepada perusahaan yang bekerja sama dengan kita, serta mendukung dan menjaga usaha yang telah kita dan bisnis partner kita lakukan. Kita melakukan peninjauan secara berkala terhadap komitmen ini untuk menemukan cara dan pengetahuan baru, peraturan atau kepentingan umum. Our Communities: Kita akan selalu memberikan pengaruh positif terhadap komunitas dimana kita berada dan bekerja. Our Workplace: Kita memelihara prinsip profesionalisme, menghargai, menghormati dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua karyawan Ingram Micro dan rekan bisnisnya. Kita melihat bahwa perbedaan adalah salah satu keuntungan besar yang kita miliki, yang diperlukan untuk menjaga performa dan keberhasilan perusahaan. Kita menghargai aturan lokal dan perjanjian internasional yang berlaku yang melarang untuk mempekerjakan anak di bawah umur serta kerja paksa. Corporate social responsibility adalah komitmen yang kita jalankan di Ingram Micro menjadi tahun dimana kita mendapat momentum penting dalam usaha sosial yang kita lakukan. Kita melakukan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh karyawan kita, baik secara personal maupun professional, yang berjalan secara menyeluruh dan mendapat perhatian penuh, mulai dari ruang direksi sampai ke sudut-sudut perusahaan. Laporan terkini mengenai program CSR Ingram Micro dapat dilihat dengan mengakses tautan dibawah ini CSR Report Kita berusaha untuk terus menjaga komitmen ini, melakukan apa yang benar, baik dan adil untuk lingkungan, partner, karyawan dan para pemegang saham, sambil terus menjaga performa perusahaan. Theft and Loss Prevention: Kita harus menjaga asset Ingram Micro dari segala bentuk pencurian dan kehilangan dan melaporkan setiap setiap bentuk pencurian dan kehilangan pada atasan kita, Security department, atau HRD department.

11 Bagaimana untuk merubah atau mengabaikan Code of Conduct ini? Dewan Direksi harus menyetujui terlebih dahulu atas segala bentuk perubahan terhadap Pedoman Perilaku ini. Setiap bentuk perubahan yang mempengaruhi Chief Executive Officer dan pejabat keuangan perusahaan akan disampaikan kepada pemilik saham perusahaan. Peraturan perusahaan dibidang hukum dan tingkah laku yang merupakan implementasi dari Aturan ini dapat dirubah atau ditambah, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh General Counsel. Dewan Direksi harus menyetujui semua bentuk pelepasan hak dari Pedoman Perilaku atau peraturan perusahaan di bidang hukum atau tingkah laku lainnya yang dilakukan oleh Direktur dan pejabat. Aturan Tingkah Laku ini diadaptasi oleh Dewan Direksi Ingram Micro pada 3 Maret 2003, dan direvisi pada 24 Agustus 2005, 7 November 2007, 29 November, 2011, 6 Maret, 2012, 21 Juni, 2012, 18 September, 2012 dan 10 Oktober Semua bentuk pelepasan hak yang berakibat kepada Chief Executive Officer dan pejabat keuangan perusahaan akan disampaikan kepada pemilik saham perusahaan. The General Counsel harus menyetujui semua bentuk pelepasan hak dari Pedoman Perilaku atau peraturan perusahaan di bidang hukum dan tingkah laku yang dilakukan oleh karyawan dan menyampaikan hal tersebut kepada Komite Audit pada periode meeting berikutnya.

12 Bagaimana saya menghubungi Hotline? Perlu diingat lagi, bahwa Ingram Micro akan melindungi karyawan dari segala bentuk balas dendam yang melakukan Sunshine Rule dan melaporkan hal penting, dengan niat yang baik. Online: Telephone: North America Negara Nomor Toll-free US INGRAM2 ( ) Canada English: INGRAM2 ( ) French: Latin America Telephone: Tekan nomor access toll free dibawah ini kemudian (877) INGRAM2 ( ). Negara Nomor Toll-free Argentina or or or Argentina para operadora de idioma español Brazil or or Chile or or or or (Easter Island) or Chile for Spanish operator or or (Easter Island) Costa Rica or Ecuador or El Salvador for Spanish operator or México or México for Spanish operator or (collect call) Peru or or Perú for Spanish operator Puerto Rico INGRAM2 ( ) Republic of Panamá or Republic of Panamá for Spanish operator

13 Bagaimana saya menghubungi Hotline? EMEA Telephone: Tekan nomor access toll free dibawah ini kemudian (877) INGRAM2 ( ). Negara Nomor Toll-free Austria or Belgium or Bulgaria Denmark or Finland France or or or or or or Germany Hungary or Israel Italy Luxembourg or or or Netherlands or Norway Portugal or Spain or Sweden Switzerland or United Kingdom or or

14 Bagaimana saya menghubungi Hotline? Asia Pacific Telephone; Tekan nomor access toll free dibawah ini kemudian (877) INGRAM2 ( ). Negara Nomor Toll-free Australia or or Bangladesh China (Northern - Beijing, Tianjin, Heilongjiang, Jilin, or Liaoning, Shandong, Shanxi, Hebei, Henan, and Inner Mongolia) China (Northern - for a Mandarin-speaking operator) China (Southern - Shanghai, Jiangsu, Zhejiang, Anhui, Fujian, Jiangxi, Hubei, Hunan, Guangdong, Guangxi, Hainan, Chongqing, Sichuan, Yunnan, Tibet Autonomous Region, Shaanxi, Gansu, Qinghai, Ningxia, Xinjiang and Autonomous Region) China (Southern - for a Mandarin-speaking operator) or Hong Kong or or India or or Indonesia or or Malaysia or New Zealand or Pakistan The Philippines or or for a Tagalog Operator: or Singapore or or Sri Lanka or for Colombo Thailand or or Vietnam or

Tata Laku Bisnis cgg.com

Tata Laku Bisnis cgg.com Tata Laku Bisnis cgg.com Sepatah Kata dari CEO Letter from the CEO Rekan yang Terhormat: Nilai yang kuat merupakan landasan dari semua keputusan yang baik. Pernyataan ini memiliki nilai kebenaran dan

Lebih terperinci

Surat dari Direktur Utama dan Pejabat Eksekutif Tertinggi

Surat dari Direktur Utama dan Pejabat Eksekutif Tertinggi Pedoman Perilaku 2 Surat dari Direktur dan Pejabat Eksekutif Tertinggi Rekan-rekan kerja yang kami hormati: Dresser-Rand ( Pedoman ) berisi gabungan berbagai nilai dan standar perilaku yang membuat Dresser-Rand

Lebih terperinci

Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku

Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku April 1, 2013 Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku Sulzer 1/12 Sulzer berkomitmen dan mewajibkan para karyawannya untuk menjalankan kegiatan bisnisnya berdasarkan

Lebih terperinci

Kode Etik Perilaku DuPont. Memastikan Masa Depan yang Berkelanjutan

Kode Etik Perilaku DuPont. Memastikan Masa Depan yang Berkelanjutan Kode Etik Perilaku DuPont Memastikan Masa Depan yang Berkelanjutan MENERAPKAN NILAI-NILAI DASAR KITA Januari 2015 Sambutan dari CEO Yang Terhormat: Rekan-rekan di DuPont, Selama lebih dari dua abad, kita

Lebih terperinci

Tata Laku Bisnis Internasional

Tata Laku Bisnis Internasional Tata Laku Bisnis Internasional Etika, Integritas, Kepercayaan Prinsip Kita dalam Pekerjaan Memimpin dengan menjadi teladan melalui Tata Laku Bisnis kita yang kuat sangat penting bagi kesuksesan kita. Orang

Lebih terperinci

Code of Conduct dari Grup Voith

Code of Conduct dari Grup Voith Code of Conduct dari Grup Voith Daftar Isi Kata Sambutan oleh Direksi Pelaksana: 3 Bertindak dengan Kepatuhan kepada Nilai-Nilai Voith 1. Kata pengantar dan pernyataan dari pihak prinsipal 4 2. Kerja sama

Lebih terperinci

Pedoman Perilaku Bisnis

Pedoman Perilaku Bisnis Pedoman Perilaku Bisnis Bertindak dengan Penuh Integritas di Seluruh Dunia Yang Sebenarnya Cara yang BENAR Bertindak dengan penuh integritas. Bersikap jujur. Mematuhi hukum. Mematuhi Pedoman. Bertanggung

Lebih terperinci

PEDOMAN ETIKA USAHA & TATA PERILAKU. Bab Ib I Pendahuluan 1. Latar Belakang

PEDOMAN ETIKA USAHA & TATA PERILAKU. Bab Ib I Pendahuluan 1. Latar Belakang PEDOMAN ETIKA USAHA & TATA PERILAKU Bab Ib I Pendahuluan 1. Latar Belakang Pedoman Etika Usaha dan Tata Perilaku (Code of Conduct) merupakan bagian dari pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) PT Sarana

Lebih terperinci

KODE ETIK USAHA (ETIKA - KORDSA GLOBAL)

KODE ETIK USAHA (ETIKA - KORDSA GLOBAL) KODE ETIK USAHA (ETIKA - KORDSA GLOBAL) Version : 2 Approved By : Kordsa Global Board of Directors Approval date : 15 September 2009 MOHON DIPERHATIKAN: Buku kecil ini merangkum kebijakan penting, standar

Lebih terperinci

Etika Bisnis dan Etika Kerja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Etika Bisnis dan Etika Kerja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Tinjauan umum kebijakan dan pengarahan etika, memandu hubungan kerja di antara kita, dan hubungan bisnis dengan Pemangku Kepentingan. Edisi 2 10 Februari 2011 Daftar Isi 2 Sambutan Komisaris Utama 4 Sambutan

Lebih terperinci

Tata Laku Bisnis 2007

Tata Laku Bisnis 2007 Internasional Tata Laku Bisnis 2007 Untuk rekan di luar Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan Belanda Para eksekutif Flowserve secara aktif berupaya memberi teladan dan memandu budaya yang berdasarkan enam

Lebih terperinci

PEDOMAN ETIKA DAN PERILAKU CODE OF CONDUCT. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

PEDOMAN ETIKA DAN PERILAKU CODE OF CONDUCT. PT Jasa Marga (Persero) Tbk PEDOMAN ETIKA DAN PERILAKU CODE OF CONDUCT 2011 0 Daftar Isi Bab I. 2 PENDAHULUAN 2 Latar Belakang 2 Landasan Penyusunan Code of Conduct... 3 Visi dan Misi Perusahaan... 3 Tata Nilai Perusahaan... 3 Maksud,

Lebih terperinci

Cara Kerja Kita. Praktik Usaha BT. Bulan Oktober 2013. Halaman 1

Cara Kerja Kita. Praktik Usaha BT. Bulan Oktober 2013. Halaman 1 Cara Kerja Kita Praktik Usaha BT Bulan Oktober 2013 Halaman 1 Cara Kerja Kita: Praktik Usaha Kita Nilai-Nilai Kita: Cara Kerja Kita menjabarkan praktik usaha dan nilai-nilai kita perilaku yang kita harapkan

Lebih terperinci

Program "Integritas Premium" Program Kepatuhan Antikorupsi

Program Integritas Premium Program Kepatuhan Antikorupsi Program "Integritas Premium" Program Kepatuhan Antikorupsi Tanggal publikasi: Oktober 2013 Daftar Isi Indeks 1 Pendekatan Pirelli untuk memerangi korupsi...4 2 Konteks regulasi...6 3 Program "Integritas

Lebih terperinci

PEDOMAN TATA LAKU (CODE OF CONDUCT)

PEDOMAN TATA LAKU (CODE OF CONDUCT) PEDOMAN TATA LAKU (CODE OF CONDUCT) 1 LEMBAR PEMBERLAKUAN PEDOMAN TATA LAKU (CODE OF CONDUCT ) PT CIPTA KRIDA BAHARI menyadari arti pentingnya implementasi Good Corporate Governance (GCG) sebagai salah

Lebih terperinci

PANDUAN "Etika dalam Praktek"

PANDUAN Etika dalam Praktek PANDUAN "Etika dalam Praktek" PANDUAN "Etika dalam Praktek" KOMITMEN ETIKA YANG TINGGI 4 Praktek-Praktek Pelaksanaan Etika yang Menyatukan di semua Tingkat 6 BAGAIMANA MENGKOMUNIKASIKAN MASALAH ETIKA

Lebih terperinci

Pesan Direktur Utama. Rekan-rekan BTPN,

Pesan Direktur Utama. Rekan-rekan BTPN, Pesan Direktur Utama Rekan-rekan BTPN, Bisnis perbankan hidup dan tumbuh dengan basis kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan. Oleh karena itu, manajemen yang profesional dan tata kelola perusahaan

Lebih terperinci

Prosedur dan Kebijakan Hukum Persaingan Usaha

Prosedur dan Kebijakan Hukum Persaingan Usaha Prosedur dan Kebijakan Hukum Persaingan Usaha Tujuan dan Aplikasi Pedoman Perilaku Bisnis menyatakan, CEVA berkomitmen untuk usaha bebas dan persaingan yang sehat. Sebagai perusahaan rantai pasokan global,

Lebih terperinci

Bab 2 KEBIJAKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK. Strategic Governance Policy. Kebijakan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Bab 2 KEBIJAKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK. Strategic Governance Policy. Kebijakan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bab 2 KEBIJAKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK Kebijakan Strategik Tata Kelola Perusahaan Perum LKBN ANTARA Hal. 7 Bagian Kedua KEBIJAKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK II.1. Kebijakan GCG ANTARA ANTARA

Lebih terperinci

KEPUTUSAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA

KEPUTUSAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA KEPUTUSAN MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA Nomor : KEP-117/M-MBU/2002 TENTANG PENERAPAN PRAKTEK GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) MENTERI BADAN USAHA MILIK NEGARA, Menimbang

Lebih terperinci

PERJANJIAN MILLENIUM CHALLENGE ANTARA REPUBLIK INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT DIWAKILI OLEH THE MILLENIUM CHALLENGE CORPORATION

PERJANJIAN MILLENIUM CHALLENGE ANTARA REPUBLIK INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT DIWAKILI OLEH THE MILLENIUM CHALLENGE CORPORATION OFFICIAL TRANSLATION PERJANJIAN MILLENIUM CHALLENGE ANTARA REPUBLIK INDONESIA DAN AMERIKA SERIKAT DIWAKILI OLEH THE MILLENIUM CHALLENGE CORPORATION PERJANJIAN MILLENIUM CHALLENGE DAFTAR ISI Halaman Pasal

Lebih terperinci

PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN (CODE OF CORPORATE GOVERNANCE)

PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN (CODE OF CORPORATE GOVERNANCE) PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN (CODE OF CORPORATE GOVERNANCE) BAB I, PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik/Good Corporate Governance (GCG), tetap memperhatikan

Lebih terperinci

Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia 2006 ini merupakan penyempurnaan dari Pedoman Umum GCG Indonesia tahun 2001.

Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia 2006 ini merupakan penyempurnaan dari Pedoman Umum GCG Indonesia tahun 2001. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia 2006 ini merupakan penyempurnaan dari Pedoman Umum GCG Indonesia tahun 2001. Komite Nasional Kebijakan Governance Gedung Bursa Efek Jakarta Tower I - Lt.

Lebih terperinci

Kebijakan dan Prosedur Indonesia

Kebijakan dan Prosedur Indonesia Kebijakan dan Prosedur Indonesia i H al Daftar Isi Daftar Isi... ii BAB 1 KEDISTRIBUTORAN ANDA... 9 1 Menjadi Seorang Distributor... 9 1.1 Pendaftaran untuk Menjadi Seorang Distributor... 9 1.2 Satu Individu

Lebih terperinci

Kebijakan dan Prosedur Indonesia

Kebijakan dan Prosedur Indonesia Kebijakan dan Prosedur Indonesia i H al Daftar Isi Daftar Isi... i BAB 1 KEDISTRIBUTORAN ANDA...8 1 Menjadi Seorang Distributor... 8 1.1 Pendaftaran untuk Menjadi Seorang Distributor... 8 1.2 Satu Individu

Lebih terperinci

Kode Etik. .1 "Yang Harus Dilakukan"

Kode Etik. .1 Yang Harus Dilakukan Kode Etik Kode Etik Dokumen ini berisi "Kode Etik" yang harus dipatuhi oleh para Direktur, Auditor, Manajer, karyawan Pirelli Group, serta secara umum siapa saja yang bekerja di Italia dan di luar negeri

Lebih terperinci

SALINAN PERATURAN MENTERI NEGARA BADAN USAHA MILIK NEGARA NOMOR : PER 01 /MBU/2011 TENTANG

SALINAN PERATURAN MENTERI NEGARA BADAN USAHA MILIK NEGARA NOMOR : PER 01 /MBU/2011 TENTANG SALINAN PERATURAN MENTERI NEGARA NOMOR : PER 01 /MBU/2011 TENTANG PENERAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GOOD CORPORATE GOVERNANCE) PADA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI NEGARA, Menimbang

Lebih terperinci

Etika Kerja & Bisnis. Menggapai PERTAMINA EP World Class dengan Semangat Berkobar. pertamina ep etika kerja & bisnis

Etika Kerja & Bisnis. Menggapai PERTAMINA EP World Class dengan Semangat Berkobar. pertamina ep etika kerja & bisnis Etika Kerja & Bisnis Menggapai PERTAMINA EP World Class dengan Semangat Berkobar pertamina ep etika kerja & bisnis Menggapai PERTAMINA EP World Class dengan Semangat Berkobar Etika Kerja & Bisnis (EKB)

Lebih terperinci

Pedoman Penerapan Pengecualian Informasi

Pedoman Penerapan Pengecualian Informasi Pedoman Penerapan Pengecualian Informasi 1. Prinsip- prinsip Kerangka Kerja Hukum dan Gambaran Umum Hak akan informasi dikenal sebagai hak asasi manusia yang mendasar, baik di dalam hukum internasional

Lebih terperinci

infopelni162@pelni.co.id

infopelni162@pelni.co.id PELNI Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Pelayaran Nasional Indonesia TATA LAKSANA KERJA DIREKSI dan DEWAN KOMISARIS [Board Manual] PELNI i PERNYATAAN KOMITMEN BERSAMA DIREKSI DAN DEWAN KOMISARIS Perusahaan

Lebih terperinci