FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) Layanan Branchless Banking

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) Layanan Branchless Banking"

Transkripsi

1 FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) Layanan Branchless Banking Layanan Branchless Banking Q : Apakah yang dimaksud dengan layanan Branchless Banking? A : layanan sistem perbankan terbatas yang dilakukan tidak melalui fisik kantor Bank Mandiri, namun dengan menggunakan sarana teknologi dan jasa pihak ketiga/agen terutama untuk melayani unbanked dan underbanked people. Q : Apa yang dimaksud dengan Agen? A: Agen adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank dan bertindak untuk dan atas nama Bank dalam memberikan layanan keuangan tanpa kantor. Q: Layanan Branchless Banking tidak melibatkan Bank secara langsung, apakah aman? A: Layanan ini sangat aman karena setiap pendaftaran rekening, nasabah diharuskan membuat kode rahasia dan PIN. Dan setiap transaksi hanya bisa dijalankan jika nasabah sudah memasukkan PIN yang sesuai. Q: Bagaimana caranya menjadi nasabah Mandiri? A: Nasabah harus melakukan pembukaan rekening/pendaftaran di AGEN dengan membawa identitas yang berlaku dan dilengkapi foto dan melengkapi formulir di AGEN BANK serta handphone dan SIM Card yang aktif. Q: Kapan dan dimana saja saya dapat melakukan pembukaan rekening/pendaftaran Mandiri e-cash? A: Nasabah hanya dapat melakukan pembukaan rekening di AGEN yang sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri dan terdaftar di Bank Indonesia pada jam-jam operasional AGEN. Q: Biaya-biaya apa saya yang dikenakan jika saya ingin melakukan pendaftaran dan bertransaksi? A: Untuk pendaftaran nasabah tidak akan dikenakan biaya apa pun dan juga tidak dikenakan biaya administrasi rekening bulanan. Untuk rincian biaya transaksi adalah sebagai berikut : Registrasi : gratis Setor tunai : gratis Tarik tunai di agen : Rp 3.000,00 jika nominal penarikan s.d Rp ,- Rp 5.000,00 jika nominal penarikan diatas Rp ,- Q: Dimana saja saya dapat melakukan transaksi penarikan tunai dan setoran tunai? A: Nasabah dapat melakukan penarikan tunai di AGEN Bank dan di ATM yang bertanda khusus. Sementara untuk penyetoran tunai hanya bisa dilakukan di AGEN Bank.

2 FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) mandiri tabunganmu Q : Apa yang dimaksud dengan mandiri tabunganmu? A : mandiri tabunganmu adalah rekening simpanan dalam mata uang Rupiah bagi perorangan yang penyelenggaraannya dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Bank dan dapat diajukan permintaan pembukaan rekening melalui Agen dalam Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI). Q : Apa saja fitur mandiri tabunganmu? A : Fitur mandiri tabunganmu yang dapat dinikmati oleh nasabah, sbb: Mendapatkan fasilias mandiri sms untuk melakukan transaksi yang meliputi informasi saldo dan mutasi, transfer, pembayaran, pembelian dan transaksi lainnya, kapanpun dan dimanapun. Melakukan penyetoran dan penarikan tunai di Agen Limit saldo maksimal Rp ,- dan transaksi maksimal Rp ,- per bulan Q : Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari mandiri tabunganmu? A : Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh nasabah, sbb: Mendapat Bunga Tanpa batas Minimun Setoran Awal Tanpa batas Minimum Saldo Rekening Bebas Biaya: - Administrasi Bulanan - Pembukaan Rekening - Transaksi Penyetoran Tunai - Transaksi Transfer Masuk - Transaksi Pemindahbukuan - Penutupan Rekening - Rekening pasif Q : Layanan pembukaan mandiri tabunganmu tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman? A : Layanan ini sangat aman karena setiap pendaftaran rekening mandiri tabunganmu nasabah akan dikirimkan pin mandiri sms untuk rekening mandiir tabunganmu dan nasabah diharuskan membuat kode rahasia dan PIN untuk rekening mandiri e-cash. Dan setiap transaksi hanya bisa dijalankan jika nasabah sudah memasukkan PIN yang sesuai. Q : Jika saya sudah memiliki rekening di Bank Mandiri apakah saya boleh membuka rekening tabunganmu? A : Nasabah hanya dapat membuka membuka rekening tabunganmu jika belum memiliki rekening lain di Bank Mandiri dan nasabah hanya bisa memiliki 1 (satu) rekening saja. Q : Bagaimana cara membuka rekening mandiri tabunganmu? A : Nasabah cukup datang ke Agen Bank Mandiri dengan membawa KTP asli dan copy KTP serta mengisi formulir pembukaan rekening yang tersedia di Agen Bank Mandiri.

3 Q : Apakah nasabah akan dikenakan biaya untuk transaksi yang dilakukan melalui rekening mandiri tabunganmu? A : Ya, nasabah mandiri tabunganmu akan dikenakan biaya untuk transaksi yang dilakukan dengan biaya lebih murah Rp 100,- dari transaksi rekening reguler yang mekanisme dilakukan melalui cash back setiap bulan berikutnya ke rekening mandiri tabunganmu nasabah. Q : Provider apa saja yang bisa mengakses layanan mandiri sms dari rekening mandiri tabunganmu? A : Jenis mandiri tabunganmu Tsel XL Indosat Esia Flexi Smart USSD (semua jenis handphone) Aplikasi mandiri sms (smartphone) Q : Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali? A : Satu nomor telepon seluler hanya bisa didaftarkan untuk 1 (satu) rekening saja. Q : Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening mandiri tabunganmu? A : tidak bisa. Q : Apakah batasan saldo minimum rekening mandiri tabunganmu? A : Tidak ada batasan saldo minimum untuk rekening mandiri tabunganmu. Q : Apakah rekening mandiri tabunganmu dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening tabungan reguler? A : Sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan, rekening mandiri tabunganmu tidak dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga. Q : Berapa batasan transaksi dari rekening mandiri tabunganmu? A : Batas transaksi dan saldo dari rekening mandiri tabunganmu adalah maksimal saldo Rp.18 juta dan transaksi per bulan Rp ,-. Jika sudah melakukan transaksi sejumlah Rp.5 juta dan/atau saldo mencapai Rp ,-, maka nasabah tidak diperbolehkan melakukan transaksi lagi dan disarankan untuk datang ke cabang Bank Mandiri dan dibukakan rekening regular Bank Mandiri. Q : Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak? A : Apabila transaksi telah dilakukan, akan ada SMS notifikasi yang menginformasikan apakah suatu transaksi berhasil/tidak. Q : Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima? A : Sesaat setelah proses transfer dilakukan dan SMS konfirmasi telah diterima oleh pengirim dan penerima. Q : Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dormant? A : Rekening dormant adalah rekening yang sudah tidak digunakan untuk bertransaksi baik finansial maupun non finansial selama 6(enam) bulan berturut-turut.

4 Q : Bagaimana cara mengaktifkan kembali Rekening Dormant? A : Nasabah dapat mengaktifkan kembali rekening dormant dengan cara datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengaktifkan kembali rekening nasabah. Keluhan Nasabah Q : Apa yang harus dilakukan nasabah jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima? A : Nasabah diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi mandiri call maupun melalui cabang. Q: Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke telepon seluler nasabah? A : Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, telepon seluler mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan telepon seluler maupun penyebab lainnya. Q : Bagaimana jika saya lupa pin saya? A : Jika nasabah lupa PIN, nasabah dapat mengajukan permintaan pin baru melalui mandiri call atau ke cabang Bank Mandiri terdekat. Q : Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler saya hilang atau dicuri? A : Nasabah dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan mandiri call untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila nasabah ingin mengajukan permintaan pembukaan blokir, maka nasabah dapat menghubungi mandiri call maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku. Q : Apakah saya akan kehilangan uang di rekening mandiri tabunganmu jika SIM Card/telepon seluler saya hilang atau dicuri? A : Tidak, uang anda aman di rekening mandiri tabunganmu, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN anda.

5 FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) mandiri e-cash Q : Apa yang dimaksud dengan mandiri e-cash? A : mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti Top up e-money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening mandiri e-cash dan fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri. Q : Apa saja fitur mandiri e-cash? A : Fitur mandiri e-cash yang dapat dinikmati oleh pemegang, sbb: Informasi saldo dan histori transaksi Isi ulang saldo dari e-channel Bank Mandiri, transfer ATM Bersama, dan tunai melalui retail store Transfer ke nomor telepon seluler lainnya dan ke rekening giro/tabungan Bank Mandiri Tarik Tunai di ATM Bank Mandiri tanpa menggunakan kartu ATM Bayar/beli Tagihan maupun pada merchant-merchant yang bekerjasama Q : Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari mandiri e-cash? A : Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pemegang, sbb: Sebagai pengganti uang tunai Dapat digunakan di semua jenis telepon seluler Kemudahan pendaftaran tanpa harus datang ke cabang Bank Mandiri Tidak perlu repot mencari uang pas untuk pembayaran transaksi dengan nominal kecil Kemudahan transfer ke nomor telepon seluler tanpa harus menghapal nomor rekening Bank Q : Layanan mandiri e-cash tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman? A : Layanan ini sangat aman karena setiap pendaftaran rekening mandiri e-cash pemegang diharuskan membuat kode rahasia dan PIN. Dan setiap transaksi hanya bisa dijalankan jika pemegang sudah memasukkan PIN yang sesuai. Q : Jika saya bukan nasabah Bank Mandiri apakah saya boleh menikmati layanan mandiri e-cash? A : Setiap orang yang memiliki telepon seluler dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pemegang mandiri e-cash. Q : Bagaimana cara mendapatkan layanan mandiri e-cash? A : Pengguna telepon seluler dapat mengakses mandiri e-cash menggunakan USSD dengan mengetik *141*6# kemudian pilih call/panggil. Bagi pengguna smartphone, mandiri e-cash dapat diakses dengan men-download aplikasi di Apps Store, Google Play, Nokia Store maupun Blackberry World. Setelah itu, pengguna dapat melakukan pendaftaran mandiri e-cash terlebih dahulu dengan mengisi beberapa data singkat seperti : - USSD : Nama, Kata Rahasia, dan PIN - Aplikasi : Nama, No. KTP, Alamat, Tanggal Lahir, Kata Rahasia, dan PIN

6 Pengguna yang telah melakukan pendaftaran akan terdaftar sebagai pemegang unregistered. Untuk dapat menjadi pemegang registered, pengguna harus melakukan upgrade layanan mandiri e-cash terlebih dahulu. Q : Apa yang dimaksud dengan pemegang unregistered dan pemegang registered? A : Pemegang unregistered adalah pemegang mandiri e-cash yang belum melakukan upgrade layanan mandiri e-cash. Sedangkan pemegang registered adalah pemegang mandiri e-cash yang telah melakukan upgrade layanan mandiri e-cash. No Perbedaan unregistered registered 1 Saldo Maksimal Satu Juta Rupiah Lima Juta Rupiah 2 Isi Ulang Ok Ok 3 Fitur Bayar - Beli Ok Ok 4 Fitur Transfer Tidak Ok 5 Fitur Tarik Tunai Tidak Ok Q : Apakah pemegang akan dikenakan biaya untuk transaksi mandiri e-cash yang dilakukan? A : Ya, pemegang mandiri e-cash akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan, sbb: No. Jenis Transaksi Biaya 1. Isi Ulang melalui ATM Gratis 2. Isi Ulang melalui toko retail Rp ,- 3. Tarik Tunai melalui ATM Rp ,- 4. Tarik Tunai melalui toko retail - Nominal s.d Rp ,- Rp ,- - Nominal > Rp ,- Rp ,- 5. Transfer Gratis 6. Pembelian/Pembayaran Tagihan variatif sesuai ketentuan Bank 7. Pembayaran di Merchant Gratis 8. Rekening Dormant Rp ,- per bulan 9. Redemption Rp ,- Q : Bagaimana caranya menjadi pemegang mandiri e-cash registered? A : Pemegang unregistered yang telah melakukan pendaftaran mandiri e-cash dapat menjadi pemegang registered dengan melakukan upgrade layanan. Upgrade layanan dapat dilakukan di e- Channel Bank Mandiri dan melalui cabang. Upgrade Layanan melalui cabang dilakukan dengan mengisi formulir upgrade layanan dan menyertakan fotocopy kartu identitas yang masih berlaku. Q : Provider apa saja yang bisa mengakses layanan mandiri e-cash? A : Jenis mandiri e-cash Tsel XL Indosat Esia Flexi Smart USSD (semua jenis handphone) Aplikasi mandiri e-cash (smartphone)

7 Q : Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali? A : Satu nomor telepon seluler hanya bisa didaftarkan sekali saja. Q : Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening mandiri e-cash? A : Bisa, namun harus dengan nomor telepon seluler yang berbeda. Q : Apakah saya bisa mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri? A : Pemegang dapat mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri sepanjang pemegang mendapat akses ke jaringan internet (untuk pengguna smartphone) dan akses SMS dari luar negeri (untuk pengguna feature/basic phone) Q : Apakah batasan saldo minimum rekening mandiri e-cash? A : Tidak ada batasan saldo minimum untuk rekening mandiri e-cash. Q : Apakah rekening mandiri e-cash dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening tabungan reguler? A : Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, rekening mandiri e-cash tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga. Q : Berapa batasan transaksi dari rekening mandiri e-cash? A : Batas transaksi dari rekening mandiri e-cash adalah maksimal nominal transaksi Rp.20 juta per bulan. Jika sudah melakukan transaksi sejumlah Rp.20 juta, maka nasabah tidak diperbolehkan melakukan transaksi lagi di bulan yang sama. Nasabah harus menunggu bulan berikutnya untuk melakukan transaksi. Q : Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak? A : Apabila transaksi telah dilakukan, akan ada SMS notifikasi yang menginformasikan apakah suatu transaksi berhasil/tidak. Q : Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima? A : Sesaat setelah proses transfer dilakukan dan SMS konfirmasi telah diterima oleh pengirim dan penerima. Q : Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dormant? A : Rekening dormant adalah rekening yang sudah tidak digunakan untuk bertransaksi baik finansial maupun non finansial selama 6(enam) bulan berturut-turut. Pemegang akan dikenakan biaya sebesar Rp ,-/bulan pada bulan ke-7. Q : Bagaimana cara mengaktifkan kembali Rekening Dormant? A : Pemegang dapat mengaktifkan kembali rekening dormant dengan cara melakukan transaksi pada mandiri e-cash baik finansial maupun non-finansial. Pemegang tidak akan dikenakan biaya rekening dormant lagi jika rekening sudah aktif kembali.

8 Keluhan Pemegang Q : Apa yang harus dilakukan pemegang jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima? A : Pemegang diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi mandiri call maupun melalui cabang. Q: Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke telepon seluler pemegang? A : Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, telepon seluler mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan telepon seluler maupun penyebab lainnya. Q : Bagaimana jika saya lupa pin saya? A : Jika pemegang lupa PIN, pemegang dapat melakukan reset PIN melalui USSD maupun aplikasi mandiri e-cash dengan memasukkan verifikasi data berupa nama dan kata rahasia. Q : Bagaimana jika saya lupa kata rahasia saya? A : Jika pemegang lupa kata rahasia, pemegang dapat menghubungi mandiri call maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku untuk melakukan re-issue PIN dengan verifikasi data. Re-issue PIN hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered. Q : Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler saya hilang atau dicuri? A : Pemegang dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan mandiri call untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila pemegang ingin mengajukan permintaan pembukaan blokir, maka pemegang dapat menghubungi mandiri call maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered. Q : Apakah saya akan kehilangan uang di rekening mandiri e-cash jika SIM Card/telepon seluler saya hilang atau dicuri? A : Tidak, uang anda aman di rekening mandiri e-cash, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui kode rahasia dan PIN anda. Q : Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening mandiri e-cash saya jika SIM Card/telepon seluler saya hilang/dicuri? A : Anda dapat mengajukan re-cycle kartu ke provider dengan nomor telepon seluler yang sama. Sistem mandiri e-cash akan melakukan validasi pemegang berupa nama, kata rahasia, dan PIN untuk dapat menggunakan kembali mandiri e-cash anda.

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) Rekening Ponsel

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) Rekening Ponsel FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) Rekening Ponsel 1. Q: Apa itu Rekening Ponsel? A: Rekening Ponsel adalah layanan terbaru dari mobile banking CIMB Niaga (Go Mobile) yang memungkinkan penggunanya untuk

Lebih terperinci

mandiri sms - *141*6# Keuntungan mandiri sms *141*6# Registrasi mandiri sms *141*6# :

mandiri sms - *141*6# Keuntungan mandiri sms *141*6# Registrasi mandiri sms *141*6# : mandiri sms - *141*6# merupakan layanan mobile banking, mandiri sms yang dapat diakses dengan teknologi USSD untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan menggunakan kode akses *141*6#

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Penggunaan mandiri internet

Buku Petunjuk Penggunaan mandiri internet Buku Petunjuk Penggunaan mandiri internet DAFTAR ISI Keuntungan & Keamanan... 4 Cara Mudah Bertransaksi Perbankan... 5 Fitur Lengkap Dan Gratis... 5 Keamanan Berlapis... 6 Dilengkapi Dengan Token PIN Mandiri...

Lebih terperinci

SEPUTAR INFORMASI MENGENAI

SEPUTAR INFORMASI MENGENAI SEPUTAR INFORMASI MENGENAI Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan BANK OJK AGEN 1 2 SEPUTAR INFORMASI MENGENAI Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan 3 2015 Departemen Penelitian dan Pengaturan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI KEMUDAHAN DALAM BERTRANSAKSI...

DAFTAR ISI KEMUDAHAN DALAM BERTRANSAKSI... 1 DAFTAR ISI KEMUDAHAN DALAM BERTRANSAKSI...... 4 Kemudahan Dalam Bertransaksi... 5 Fitur Yang Lengkap... 5 Level Keamanan... 6 Token Pin Bank Jatim... 7 Penggunaan Token Pin Bank Jatim... 7 Mengganti

Lebih terperinci

SYARAT-SYARAT & KETENTUAN UMUM PEMBUKAAN REKENING

SYARAT-SYARAT & KETENTUAN UMUM PEMBUKAAN REKENING SYARAT-SYARAT & KETENTUAN UMUM PEMBUKAAN REKENING Syarat-Syarat dan Ketentuan Umum Pembukaan Rekening (berikut seluruh lampiran-lampirannya, dan atau perubahannya dan atau penambahannya dan atau pembaharuannya,

Lebih terperinci

DAFTAR ISI KEMUDAHAN DALAM BERTRANSAKSI...

DAFTAR ISI KEMUDAHAN DALAM BERTRANSAKSI... 1 DAFTAR ISI KEMUDAHAN DALAM BERTRANSAKSI...... 4 Kemudahan Dalam Bertransaksi... 5 Fitur Yang Lengkap... 5 Level Keamanan... 6 Token Pin Bank Jatim... 7 Penggunaan Token Pin Bank Jatim... 7 Mengganti

Lebih terperinci

PERSYARATAN DAN KETENTUAN UMUM UNTUK REKENING INDIVIDU GENERAL TERMS AND CONDITIONS FOR INDIVIDUAL ACCOUNT. PT. Bank Ekonomi Raharja, Tbk.

PERSYARATAN DAN KETENTUAN UMUM UNTUK REKENING INDIVIDU GENERAL TERMS AND CONDITIONS FOR INDIVIDUAL ACCOUNT. PT. Bank Ekonomi Raharja, Tbk. PERSYARATAN DAN KETENTUAN UMUM UNTUK REKENING INDIVIDU GENERAL TERMS AND CONDITIONS FOR INDIVIDUAL ACCOUNT BAGIAN I DEFINISI DAN INTERPRETASI 1. DEFINISI Dalam Persyaratan dan Ketentuan ini, dan kecuali

Lebih terperinci

No. 16/12/DPAU Jakarta, 22 Juli 2014 SURAT EDARAN. Kepada SEMUA BANK UMUM DI INDONESIA

No. 16/12/DPAU Jakarta, 22 Juli 2014 SURAT EDARAN. Kepada SEMUA BANK UMUM DI INDONESIA No. 16/12/DPAU Jakarta, 22 Juli 2014 SURAT EDARAN Kepada SEMUA BANK UMUM DI INDONESIA Perihal: Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital Dalam Rangka Keuangan Inklusif Melalui Agen Layanan Keuangan Digital

Lebih terperinci

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM UNTUK FASILITAS KREDIT TANPA AGUNAN (KTA) DI STANDARD CHARTERED BANK, INDONESIA

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM UNTUK FASILITAS KREDIT TANPA AGUNAN (KTA) DI STANDARD CHARTERED BANK, INDONESIA SYARAT DAN KETENTUAN UMUM UNTUK FASILITAS KREDIT TANPA AGUNAN (KTA) DI STANDARD CHARTERED BANK, INDONESIA 1. DEFINISI KETENTUAN UMUM 1.1 BANK adalah STANDARD CHARTERED BANK yang berkantor pusat di London

Lebih terperinci

APLIKASI MEGA MOBILE BLACKBERRY

APLIKASI MEGA MOBILE BLACKBERRY APLIKASI MEGA MOBILE BLACKBERRY DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 REVISION HISTORY... Error! Bookmark not defined. I. INSTALASI... 3 II. MENJALANKAN APLIKASI... 3 III. MENJALANKAN APPLET... 7 3.1. Transfer...

Lebih terperinci

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, GUBERNUR BANK INDONESIA,

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, GUBERNUR BANK INDONESIA, PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR: 14 / 2 /PBI/ 2012 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 11/11/PBI/2009 TENTANG PENYELENGGARAAN KEGIATAN ALAT PEMBAYARAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU DENGAN RAHMAT

Lebih terperinci

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA No.926, 2012 PUSAT PELAPORAN DAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN. Laporan. Transaksi Keuangan. Penyedia Jasa Keuangan. Tata Cara. PERATURAN KEPALA PUSAT PELAPORAN DAN ANALISIS

Lebih terperinci

BUKU MANUAL MEGA MOBILE MELALUI SMS DAN APLIKASI DARI SMARTPHONE (CARA INSTALL & TRANSAKSI)

BUKU MANUAL MEGA MOBILE MELALUI SMS DAN APLIKASI DARI SMARTPHONE (CARA INSTALL & TRANSAKSI) BUKU MANUAL MEGA MOBILE MELALUI SMS DAN APLIKASI DARI SMARTPHONE (CARA INSTALL & TRANSAKSI) 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 I. INSTALASI... 2 II. MENJALANKAN APLIKASI... 3 III. MENJALANKAN APPLET... 5 3.1.

Lebih terperinci

SIPP Online. User Manual SIPP Online

SIPP Online. User Manual SIPP Online PETUNJUK PENGGUNAAN : Aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online BPJS Ketenagakerjaan, adalah : aplikasi untuk pengelolaan laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Buku ini

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Penggunaan Token PIN Mandiri

Buku Petunjuk Penggunaan Token PIN Mandiri Buku Petunjuk Penggunaan Token PIN Mandiri DAFTAR ISI Token PIN Mandiri... 3 Penggunaan Tombol Token PIN Mandiri... 3 Untuk Keamanan Anda... 4 Mengganti Password Token PIN Mandiri pertama Kali... 5 Cara

Lebih terperinci

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet Cara Bertransaksi Di Mandiri internet DAFTAR ISI Login - Logout...3 Website Bank Mandiri...4 Login...4 Menu...4 Logout...4 Transfer Dana...5 Transfer Antar Rekening Mandiri...6 Transfer Antar Bank Domestik...8

Lebih terperinci

MANUAL LOKET PPOB UNITY

MANUAL LOKET PPOB UNITY MANUAL LOKET PPOB UNITY PT.Multi Artha Sejahtera Abadi MANUAL LOKET PPOB MASA UNITY Versi Mei 2013 Halaman : A. Standart Operasional dan Penggunaan Loket... 4 B. Cara Mendownload Plugins PPOB MASA.....

Lebih terperinci

KETENTUAN UMUM PERBANKAN ANZ

KETENTUAN UMUM PERBANKAN ANZ KETENTUAN UMUM PERBANKAN PEMBUKAAN Ketentuan Umum Perbankan ANZ ini mengatur syarat-syarat dimana Bank menyediakan kepada Nasabahnya satu atau lebih Rekening dan Jasa-Jasa dan harus dibaca bersama dengan:

Lebih terperinci

5 Cara Mudah Membayar Premi

5 Cara Mudah Membayar Premi ALLIANZ LIFE INDONESIA Cara Bayar Premi Panduan bagi Anda yang ingin membayar premi asuransi Allianz Life Indonesia 5 Cara Mudah Membayar Premi 01 02 Pembayaran secara setor tunai Melalui ATM BCA dan ATM

Lebih terperinci

No. 11/10 /DASP Jakarta, 13 April 2009 S U R A T E D A R A N

No. 11/10 /DASP Jakarta, 13 April 2009 S U R A T E D A R A N No. 11/10 /DASP Jakarta, 13 April 2009 S U R A T E D A R A N Perihal : Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu Sehubungan dengan diberlakukannya Peraturan Bank Indonesia Nomor

Lebih terperinci

KEANGGOTAAN BIG LOYALTY PROGRAM SYARAT DAN KETENTUAN

KEANGGOTAAN BIG LOYALTY PROGRAM SYARAT DAN KETENTUAN KEANGGOTAAN BIG LOYALTY PROGRAM SYARAT DAN KETENTUAN Perjanjian Keanggotaan Dokumen ini merupakan kontrak antara Anda, sebagai Anggota dan Think Big Digital Sdn Bhd, sebagai pengelola BIG Loyalty Program,

Lebih terperinci

BERITA NEGARA. No.649,2014 KEMENKUMHAM. Paspor Biasa. Surat Perjalanan. Laksana Paspor PERATURAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

BERITA NEGARA. No.649,2014 KEMENKUMHAM. Paspor Biasa. Surat Perjalanan. Laksana Paspor PERATURAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA No.649,2014 KEMENKUMHAM. Paspor Biasa. Surat Perjalanan. Laksana Paspor PERATURAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PASPOR

Lebih terperinci

PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 8/28/PBI/2006 TENTANG KEGIATAN USAHA PENGIRIMAN UANG GUBERNUR BANK INDONESIA,

PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 8/28/PBI/2006 TENTANG KEGIATAN USAHA PENGIRIMAN UANG GUBERNUR BANK INDONESIA, PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 8/28/PBI/2006 TENTANG KEGIATAN USAHA PENGIRIMAN UANG GUBERNUR BANK INDONESIA, Menimbang : a. bahwa saat ini jumlah transaksi maupun nilai nominal pengiriman uang baik di

Lebih terperinci

2008 Nokia. Semua hak dilindungi. Nokia, Nokia Connecting People, dan Nseries adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Nokia Corporation.

2008 Nokia. Semua hak dilindungi. Nokia, Nokia Connecting People, dan Nseries adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Nokia Corporation. Olahpesan cepat 2008 Nokia. Semua hak dilindungi. Nokia, Nokia Connecting People, dan Nseries adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Nokia Corporation. Nokia tune adalah merek melodi dari

Lebih terperinci

CONTOH-CONTOH TRANSAKSI, AKTIVITAS, DAN PERILAKU YANG TIDAK WAJAR (RED FLAG)

CONTOH-CONTOH TRANSAKSI, AKTIVITAS, DAN PERILAKU YANG TIDAK WAJAR (RED FLAG) Lampiran III Surat Edaran Ekstern Bank Indonesia No. 11/ 31 / DPNP tanggal 30 November 2009 CONTOH-CONTOH TRANSAKSI, AKTIVITAS, DAN PERILAKU YANG TIDAK WAJAR (RED FLAG) 1. Transaksi yang tidak Bernilai

Lebih terperinci

PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 11/ 3 /PBI/2009 TENTANG BANK UMUM SYARIAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, GUBERNUR BANK INDONESIA,

PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 11/ 3 /PBI/2009 TENTANG BANK UMUM SYARIAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, GUBERNUR BANK INDONESIA, PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 11/ 3 /PBI/2009 TENTANG BANK UMUM SYARIAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, GUBERNUR BANK INDONESIA, Menimbang: a. bahwa dalam menghadapi perkembangan perekonomian nasional

Lebih terperinci

No. 17/ 11 /DKSP Jakarta, 1 Juni 2015 SURAT EDARAN. Perihal : Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

No. 17/ 11 /DKSP Jakarta, 1 Juni 2015 SURAT EDARAN. Perihal : Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia No. 17/ 11 /DKSP Jakarta, 1 Juni 2015 SURAT EDARAN Perihal : Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Sehubungan dengan berlakunya Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/3/PBI/2015

Lebih terperinci

4.9.4. Penjelasan... 139 4.9.5. Cara Penilaian Kesehatan KSP/USP... 141 4.9.6. Penetapan Kesehatan KSP/USP... 164

4.9.4. Penjelasan... 139 4.9.5. Cara Penilaian Kesehatan KSP/USP... 141 4.9.6. Penetapan Kesehatan KSP/USP... 164 DAFTAR ISI DAFTAR ISI...i BAB I...1 PENDAHULUAN...1 1.1. LATAR BELAKANG...1 1.2. TUJUAN...1 1.3. SASARAN...2 1.4. RUANG LINGKUP...2 1.5. DEFINISI DAN KONSEPSI...2 1.6. LANDASAN KERJA KSP/USP KOPERASI...3

Lebih terperinci