BAB III METODE PENELITIAN. lebih umum. Yang dimaksud penelitian kualitatif menurut Prof. Dr. Lexy J. dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.

Save this PDF as:

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB III METODE PENELITIAN. lebih umum. Yang dimaksud penelitian kualitatif menurut Prof. Dr. Lexy J. dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah."

Transkripsi

1 BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian 1. Jenis Penelitian Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mana dalam paradigma pemikiran kualitatif adalah berpikir secara induktif. Setiap masalah dipandang sebagai kasus yang bersifat mikro, kemudian dalam konteks yang lebih umum. Yang dimaksud penelitian kualitatif menurut Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, presepsi, motivasi, tidankan, dll, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. 66 Adapun jenis penelitian kualitatif ini termasuk penelitian partisipatoris. Menurut Agus Afandi penelitian partisipatorik yaitu merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan dalam nengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persiapan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah h Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014), 70

2 71 yang lebih baik. 67 Disebut penelitian partisipatoris karena peneliti ada di dalam lingkungan itu. Penelitian kualitatif lebih bersifat memberikan deskripsi dan kategorisasi berdasarkan kondisi kancah penelitian. Penelitian ini menggunakan konsep naturalistik, yaitu apa yang terjadi di kancah penelitian menjadi ukuran yang paling bisa diterima. 2. Pendekatan Penelitian Penelitian kualitatif dapat menggunakan beberapa pendekatan penelitian, diantaranya : pendekatan fenomenologi, etnografi, historis, studi kasus, grounded reesearch dan tindakan. Dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan studi kasus karena lebih cocok dalam penelitian ini, yaitu karena penelitian ini dihubungkan dengan sebuah lokasi yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Menurut Cahya Wiratama pendekatan studi kasus dalam posisi metodologi penelitian adalah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai peristiwa-periswtia komunikasi kontemporer yang nyata dalam konteksnya. 68 Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dengan cara sebagai berikut : a. Melakukan analisis mendetail mengenai kasus dan situasi tertentu. 67 Agus Afandi, dkk, Modul Parcipatory Action Research (PAR) : Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing), (Surabaya : LPPM UIN Sunan Ampel, 2014), h Cahya Wiratama, Metode-Metode Riset Kualitatif, (Yogyakarta : Bentang, 2002), h

3 72 b. Berusaha memahami dari sudut pandang orang-orang yang bekerja di sana. c. Mencatat bermacam-macam pengaruh dan aspek-aspek hubungan komunikasi dan pengalaman. d. Membangkitkan perhatian pada faktor-faktor tersebut yang berhubungan satu sama lain. B. Subjek dan Objek Penelitian 1. Subjek Penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar di lingkungan masyarakat RT 03 RW 01 kelurahan Bedilan kecamatan Gresik. Adapun jumlah orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar adalah17 kepala keluarga yang memiliki anak usia 6-12 tahun dengan perincian 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. 2. Objek Penelitian Setting tempat penelitian ini berada di kota Gresik tepatnya di sekitar jalan Raden Santri. Adapun tempat yang dijadikan obyek penelitian adalah wilayah RT 03 RW 01 Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik.

4 73 C. Tahap-Tahap Penelitian Menurut Prof. Dr. Lexy J. Moleong, MA tahap penelitian kualitatif terdirit atas tiga tahapan, yaitu: 1. Tahap pra lapangan Tahap pra lapangan merupakan orientasi untuk memperoleh gambaran mengenai latar belakang penelitian. 69 Peneliti melakukan tahap sebelum ke lapangan melalui kegiatan : menyusun pelaksanaan penelitian, memilih lapangan, mengurus permohonan penelitian, memilih dan menafaatkan informasi serta mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan penelitian. Tahap ini dilakukan sejak dini yaitu sejak pertama kali atau sebelum terjun ke lapangan dalam rangka penggalian data. 2. Tahap pekerjaan lapangan (penggalian data) Tahap ini dimana peneliti memasuki lapangan dan turut serta melihat aktivitas dengan melakukan beberapa tahapan, yakni : memahami latar penelitian dan persiapan diri, memasuki lapangan dan berperan serta sambil menggumpulkan data serta dokumen. 70 Setelah peneliti melakukan penggalian data ke lapangan, maka perolehan data itu kemudian dicatat dengan cermat, menulis peristiwaperistiwa yang diamati. 69 Lexy J. Moleong, Metodologi,Ibid., Ibid., h. 137

5 74 3. Tahap analisis data Dalam tahapan ini peneliti menyusun hasil pengamatan, wawancara untuk selanjutnya peneliti segera melakukan analisis data dengan menggunakan langkah-langkah deskripsi, reduksi, interpretasi dan verifikasi D. Jenis dan Sumber Data 1. Jenis Data Untuk memperoleh hasil penelitian yang valid dalam skripsi ini, jenis data yang dipakai terbagi menjadi dua, diantaranya : a. Data Primer Menurut Jonathan Sarwono yang dimaksud data primer adalah data yang berasal dari sumber asli pertama. Data ini harus dicari melalui narasumber dalam istilah teknisnya responden, yaitu orang yang kita jadikan objek penelitian atau orang yang kita jadikan sebagai sarana mendapatkan informasi ataupun data. 71 Sedangkan menurut Dr. Nusa Putra S.Fil M.Pd dan Santi Lisnawati, S.Ag M.Si M.Pd jenis data yang dijadikan penarikan sampel kualitatif bersifat ini dipilih secara purposive atau bertujuan adanya alasan-alasan mengapa memilih realitas tertentu. Selanjutnya 71 Jonathan Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006), h. 129.

6 75 penggumpulan data menggunakan teknik bola salju (snowball) yang menggelinding yaitu semakin lama semakin membesar dan berkembang selama penelitian berlangsung. 72 Dalam skripsi ini yang termasuk dalam data primer diantaranya : peran orang tua dalam menanamkan sikap keberagamaan anak usia sekolah dasar. b. Data Sekunder Menurut Jonathan Sarwono yang dimaksud data sekunder adalah data yang berupa data-data yang sudah tersedia dan dapat diperoleh oleh peneliti dengan membaca, melihat atau mendengarkan. 73 Dalam skripsi ini yang termasuk dalam data sekunder yakni gambaran umum obyek penelitian yang diambil dari kelurahan Bedilan dan analisis data yang diambil dari lapangan yakni lingkungan kelurahan Bedilan, kajian pustaka dalam bab II dan metode penelitian yang ada dalam bab III. 2. Sumber Data Pengertian sumber data dalam penelitian ini adalah subyek dari mana data diperoleh. Adapun dalam penentuan sumber data dalam penelitian ini mengacu pada bukunya Suharsimi Arikunto, diantaranya adalah sebagai berikut : 72 Nusa Putra dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012), h Jonathan Sarwono, Metode, Ibid. h. 209.

7 76 a. Sumber manusia Sumber data yang bisa memberikan jawaban lisan melalui wawancara dengan seluruh kompen di kelurahan Bedilan kecamatan Gresik. Dalam hal ini adalah orang tua anak usia sekolah dasar di lingkungan masyrakat RT 03 RW 01 Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik dapat memberikan informasi guna kelengkapan yang dibutuhkan oleh penulis. b. Sumber non manusia Sumber data yang menyajikan data-data berupa huruf, gambar angka, atau simbol lain. Dalam penelitian ini dapat berupa literatur atau dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. 74 Adapun sumber non manusia yang dijadikan sumber data oleh peneliti adalah buku-buku, bacaan-bacaan yang sesuai dengan pembahasan, dokumen, lokasi, keadaan personal, jumlah anak sekolah dasar di lingkungan masyrakat RT 03 RW 01 Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik. 74 Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006), h. 129.

8 77 E. Teknik Penggumpulan Data 1. Metode Observasi Metode Observasi menurut Jonathan Sarwono adalah kegiatan yang dilakukan dengan pencatatan secara sistematik kejadian-kejadian, perilaku, obyek-obyek yang dilihat dan hal-hal lain yang diperlukan dalam pendukung penelitian yang sedang dilakukan. 75 Secara spefisik metode obserasi merupakan usaha yang dilakukan dalam penelitian untuk menggumpulkan data dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diseldiki. Metode ini peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang gambaran sikap anak dalam keseharian, dan melihat orang tua ketika bersama anak ada tidak penanaman dan bimbingan yang diberikan terkait sikap keberagamaan. 2. Metode Interview (Wawancara) Menurut Prof. Dr.Sugiyono wawancara adalah pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide malalui tanya jawab, sehingga dapat dikontruksikan makna dalam suatu topik tertentu. 76 Responden atau sampel metode interveiw dalam penelitian ini adalah yang dilakukan secara purposive dan bersifat snowball sampling. Menurut Prof. Dr. Suharsimi Arikunto yang dimaksud dengan purposive sample (sampel bertujuan) adalah penentuan sampel dengan cara menggambil 75 Jonathan Sarwono, Metode, Ibid. h Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung : CV Alvabeta, 2010), h. 72.

9 78 subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanaya tujuan tertentu. 77 Sedangkan menurut Prof. Dr. Sugiyono snowball sampling adalah teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil kemudian membesar. 78 Peneliti menggunakan metode penggumpulan data wawancara (interview) untuk memperoleh atau menggali data tentang seberapa jauh peran orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar dalam menanamkan sikap keberagamaan di lingkungan masyarakat RT 03 RW 01 Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik. F. Keabsahan Data Keabsahan data dimaksudkan untuk memperoleh tingkat kepercayaan yang berkaitan dengan seberapa jauh kebenaran hasil penelitian, mengungkapkan dan memperjelas data dengan fakta-fakta aktual di lapangan. Adapun dalam pengujian keabsahan data metode penelitian kualitatif terdapat teknik pemeriksaan. Pelaksanaan teknik pemeriksaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu. Menurut Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A. uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi : 1. Derajat kepercayaan (kredibilitas) Penerapan kriterium derajat kepercayaan (kredibilitas) pada dasarnya menggantikan konsep validitas internal dari nonkualitatif. Kriterium ini 77 Suharsimi Arikunto, Prosedur, Ibid. h Sugiyono, Memahami, Ibid. h.85.

10 79 berfungsi: pertama, melaksanakan inkuiri sedemikian rupa sehingga tingkat kepercayaan penemuannya dapat dicapai; kedua, mempertunjukkan derajat kepercayaan hasil-hasil penemuan dengan jalan pembuktian oleh peneliti pada kenyataan ganda yang sedang diteliti. 79 Peneliti menggunakan keabsahan data dengan derajat kepercayaan (kredibilitas) terhadap hasil penelitian kualitatif antara lain dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, diskusi dengan teman sejawat, dan member check. 2. Keteralihan (transferability) Keteralihan sebagai persoalan empiris bergantung pada kesamaan antara konteks pengirim dan penerima. Untuk melakukan pengalihan tersebut seorang peneliti hendaknya mencari dan mengumpulkan kejadian empiris tentang kesamaan konteks mereka. 80 Peneliti menggunakan keabsahan data dengan keteralihan (transferability) yaitu dengan memberikan uraian yang rinci, jelas, sistematis dan dapat dipercaya dalam penulisan laporannya. 79 Ibid., h Ibid., h

11 80 3. Kebergantungan (dependability) Kriterium kebergantungan merupakan substitusi istilah realibilitas dalam penelitian yang nonkualitatif. Suatu penelitian yang reliabel apabila orang lain dapat mengulangi / mereplikasi proses penelitian tersebut. 81 Peneliti menggunakan kebasahan data dengan kebergantungan (dependability) yaitu dengan melakukan audit kepada pembimbing untuk mengaudit keseluruhan aktivitas peneliti dalam melakukan penelitian. 4. Kepastian (confirmability) Dalam penelitian kualitatif, uji kepastian (confirmability) mirip dengan kebergantungan (dependability), sehingga pengujiannya dapat dilakukan secara bersama. Menguji confirmability berarti menguji hasil penelitian, dikaitkan dengan proses yang dilakukan. 82 Peneliti menggunakan kebasahan data dengan kepastian (confirmability) yaitu dengan menekankan pada ciri-ciri data yang diperoleh yakni data dapat dipercaya, faktual dan dapat dipastikan. 81 Ibid., h Sugiyono, Memahami, Ibid. h. 131.

12 81 G. Teknik Analisis Data 1. Deskripsi Menurut Nusa Putra dan Santi Lisnawati yang dimaksud dengan deskripsi yaitu menggambarkan secara utuh keadaan obyek penelitian melalui pengamatan dan wawancara. 83 Peneliti menggunakan teknik analisis data deskripsi yang mana obyek penelitiannya adalah lingkungan masyarakat RT 03 RW 01 di kelurahan Bedilan kecamatan Gresik. 2. Reduksi Menurut Burhan Bungin yang dimaksud dengan reduksi yaitu mencakup kegiatan mengikhtiarkan hasil penggumpulan data selengkap mungkin dan memilah-milahkannya ke dalam suatu konsep tertentu, atau tema tertentu. 84 Peneliti menggunakan teknik analisis data reduksi yaitu dengan merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya. Dengan demikian data yang direduksi akan memberikan gambaran yang jelas. 3. Interpretasi (penafsiran) Pengertiannya adalah berpikir dengan jalan membuat agar kategori yang diperoleh mempunyai makna, mencari dan menemukan pola hubunganhubungan dan membuat temuan-temuan umum Nusa Putra dan Santi Lisnawati, Penelitian...,h Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif, (Jakarta : Rajawali Press, 2003), h. 64.

13 82 Dalam pembahasan skripsi ini teknik analisis interpretasi yang dimaksudkan yakni upaya yang dilakukan mentransformasikan hasil temuantemuan di lapangan, untuk kemudian mendisplikannya dalam kajian ilmu pendidikan Islam, sehingga diharapkan dapat ditemukan teori yang substansif berkenaan dengan pembahasan. 4. Verifikasi (penarikan kesimpulan) Menurut Prof. Dr. Sugiyono kesimpulan dalam penelitian kualitatif adalah merupakan temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada. Temuan dapat berupa deskripsi atau gambaran suatu obyek yang sebelumnya remang-remang atau gelap sehingga setelah diteliti menjadi jelas, data dapat berupa hubungan kausal atau interaktif, hipotesis atau teori. 86 Peneliti melakukan verifikasi (penarikan kesimpulan) dengan langkahlangkahnya sebagai berikut : mencari pola, tema, hubungan, hal-hal yang sering timbul, yang mengarah pada analisis peran orang tua dalam menanmakan sikap keberagamaan anak usia sekolah dasar dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan sebagai hasil temuan di lapangan. Kegiatan ini merupakan proses memeriksa dan menguji kebenaran data yang telah dikumpulkan sehingga akhir didapat sesuai dengan fokus penelitian. 85 Lexy J. Moleong, Metodologi..., h Sugiyono, Memahami, Ibid., h. 99.

BAB III METODE PENELITIAN. dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar, 56 walaupun ada beberapa data. objektif terhadap hal-hal yang akan diamati.

BAB III METODE PENELITIAN. dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar, 56 walaupun ada beberapa data. objektif terhadap hal-hal yang akan diamati. 57 BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar, 56 walaupun ada beberapa

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Metode Penelitian Kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk

Lebih terperinci

BAB II METODE PENELITIAN

BAB II METODE PENELITIAN BAB II METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Ditinjau dari tempat atau lokasi penelitiannya, penelitian ini termasuk

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Ditinjau dari tempat atau lokasi penelitiannya, penelitian ini termasuk BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Jenis Penelitian Ditinjau dari tempat atau lokasi penelitiannya, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilaksanakan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian. Penelitian dengan judul Upaya BP4 (Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) Dalam Menangani Kasus Perceraian PNS di BP4 Kabupaten

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan pendekatan penelitian Pada hakekatnya, penelitian dilakukan untuk mendapatkan penemuan baru atau mencari suatu kebenaran. Dalam penelitian, kita mengenal dua bentu

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), artinya sebuah studi penelitian yang mengambil

Lebih terperinci

III. METODE PENELITIAN. bertipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena itu, pada penelitian ini

III. METODE PENELITIAN. bertipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena itu, pada penelitian ini 40 III. METODE PENELITIAN A. Tipe Penelitian Dalam penelitian ini, tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bertipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena itu, pada penelitian ini

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Berdasarkan sumber data, jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah berupa penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan (Field

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian 1. Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (grounded research) 1 yaitu semua data yang terkumpul diperoleh dari lapangan,

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode merupakan suatu hal yang sangat penting demi tercapainya suatu tujuan penelitian. Karena metode mempelajari dan membahas tentang cara-cara yang ditempuh dengan setepat-tepatnya

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN 43 BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Adapun pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan atau paradigma naturalistik atau disebut juga paradigma definisi sosial

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research, yaitu dengan

BAB III METODE PENELITIAN. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research, yaitu dengan BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research, yaitu dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mencari dan mengumpulkan

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, seperti

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, seperti 39 BAB III METODOLOGI PENELITIAN Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Seperti yang diungkapkan oleh Lexi Moleong, yang mendefinisikan metode kualitatif adalah

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN 69 BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian 1. Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. kualitatif atau naturalistik, yaitu penelitian yang digunakan dengan situsi yang

BAB III METODE PENELITIAN. kualitatif atau naturalistik, yaitu penelitian yang digunakan dengan situsi yang BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang

BAB III METODE PENELITIAN. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai pendekatan yang diharapkan nantinya dapat membawa hasil yang terbaik. Adapun yang dimaksud dengan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada giliranya

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Apabila seseorang mengadakan penelitian kurang tepat metode penelitiannya, maka akan mengalami kesulitan, bahkan tidak akan memperoleh hasil yang baik sesuai yang diharapkan.

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 1. Pendekatan Penelitian Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode, secara harfiah berarti cara. Selain itu, metode berasal dari bahasa Yunani, metha (melalui atau melewati), dan hodos (jalan atau cara), metode bisa berarti suatu prosedur

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Metode penelitian merupakan strategi umum yang dianut dalam. penelitian ini layak untuk diuji kebenarannya.

BAB III METODE PENELITIAN. Metode penelitian merupakan strategi umum yang dianut dalam. penelitian ini layak untuk diuji kebenarannya. 61 BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian merupakan strategi umum yang dianut dalam pengumpulan data dan analisa data yang diperlukan guna menjawab persoalan yang dihadapi sebagai persoalan yang diselidiki.

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Nusa Putra, Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, PT Rajagrafinda Persada, Jakata, Cet 2, 2013, hlm.

BAB III METODE PENELITIAN. Nusa Putra, Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, PT Rajagrafinda Persada, Jakata, Cet 2, 2013, hlm. 48 BAB III METODE PENELITIAN Metode merupakan suatu hal yang sangat penting karena metode merupakan salah satu upaya ilmiah yang menyangkut cara kerja untuk memahami dan mengkritisi sasaran suatu ilmu

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. dipertanggungjawabkan. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu:

BAB III METODE PENELITIAN. dipertanggungjawabkan. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu: BAB III METODE PENELITIAN Metode merupakan suatu hal yang sangat penting, karena salah satu upaya ilmiah yang menyangkut cara kerja untuk dapat memahami dan mengkritisi objek, sasaran suatu ilmiah untuk

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian 1. Jenis Penelitian Diketahui dari jenis penelitiannya, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Artinya, penelitian yang

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Penelitian merupakan suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah Suatu penelitian tidak akan berjalan dengan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian filed research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lingkungan tertentu. 1 Dalam

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. penelitian dan menganalisa data adalah sebagai berikut:

BAB III METODE PENELITIAN. penelitian dan menganalisa data adalah sebagai berikut: BAB III METODE PENELITIAN Metode yang digunakan peneliti untuk mempermudah dalam melakukan penelitian dan menganalisa data adalah sebagai berikut: A. Jenis Penelitian Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Untuk memperjelas arah dan mempermudah pencapaian tujuan penelitian, perlu adanya metode yang harus dilakukan agar hasilnya harus dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Metode penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian mencakup beberapa kegiatan yang berhubungan dengan penelitian. Peneliti menjabarkan metode penelitian sebagai berikut: A. Jenis dan Pendekatan Penelitian 1.

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut

BAB III METODE PENELITIAN. mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut terdapat empat kunci yang perlu diperhatikan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Secara umum, metode penelitian dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 1 Metode merupakan suatu hal yang sangat penting,

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN 44 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode dan Prosedur Penelitian Penelitian ini pada dasarnya merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang berusaha memahami fenomena apa yang dialami

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Ruang lingkup dalam penelitian ini pada bidang manajemen pemasaran yang difokuskan pada bauran pemasaran menurut Islam. Metode penelitian merupakan suatu cara prosedur atau langkah

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan penelitian atau research yaitu usaha untuk menemukan, mengembangkan, menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian Permasalahan yang akan dikaji oleh peneliti merupakan masalah yang bersifat sosial dan dinamis. Oleh karena itu, peneliti memilih menggunakan metode penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan yang ditujukan untuk

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian lapangan yaitu melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

BAB III METODOLOGI PENELITIAN BAB III METODOLOGI PENELITIAN Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mempelajari tentang metodemetode penelitian, ilmu tentang alat-alat dalam penelitian. 1 Metodologi yang digunakan dalam skripsi ini

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif, sementara

BAB III METODE PENELITIAN. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif, sementara BAB III METODE PENELITIAN A. Tipe Penelitian Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif, sementara pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Menurut Nazir (2002:61),

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 97 Jadi,

BAB III METODE PENELITIAN. untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 97 Jadi, BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 97 Jadi, metode penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan, menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan metode-metode

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Metode penelitian mengemukakan secara teknis tentang metode-metode

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan

BAB III METODE PENELITIAN. Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah yang dimaksud adalah kegiatan penelitian yang didasarkan pada ciri-ciri

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk

BAB III METODE PENELITIAN. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk BAB III METODE PENELITIAN Metode (method), secara harfiah berarti cara. Selain itu, metode berasal dari bahasa Yunani, metha (melalui atau melewati), dan hodos (jalan atau cara), metode bisa berarti suatu

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian adalah suatu cara yang digunakan untuk mencari dan menemukan data yang diperoleh dalam penelitian dan membuat analisis dengan maksud agar penelitian dan kesimpulan

Lebih terperinci

kualitatif peneliti dapat menggali data-data, fakta-fakta yang lebih tuntas, pasti, sehingga memiliki kredibilitas yang tinggi.

kualitatif peneliti dapat menggali data-data, fakta-fakta yang lebih tuntas, pasti, sehingga memiliki kredibilitas yang tinggi. BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data-data

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau

BAB III METODE PENELITIAN. yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau 56 BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Data; (D) Instrumen Penelitian; (E) Data dan Sumber Data; (F) Teknik Analisis Data;

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Data; (D) Instrumen Penelitian; (E) Data dan Sumber Data; (F) Teknik Analisis Data; BAB III METODOLOGI PENELITIAN Bab III ini akan membahas tentang hal-hal sebagai berikut: (A) Jenis dan Pendekatan Penelitian; (B) Tempat Dan Waktu Penelitian; (C) Teknik Pengumpulan Data; (D) Instrumen

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Penelitian ini akan mengkaji dan mendiskripsikan tentang perlindungan hukum bagi Tenaga Kerja Indonesia (studi kasus di PT. Maharani Tri Utama Mandiri

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Sebuah penelitian pastilah memerlukan metode-metode penelitian. Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk menentukan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.1

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. dengan tujuan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan

BAB III METODE PENELITIAN. dengan tujuan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 1. Pendekatan Penelitian Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan Latar

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini dipandang dari karakteristik masalah berdasarkan kategori fungsionalnya adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 1 Jenis penelitian adalah menggunakan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN 38 BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis untuk mendapatkan hasil penelitian yang maksimal, maka langkah-langkah penelitiannya sebagai berikut: A. Jenis dan Pendekatan

Lebih terperinci

III. METODE PENELITIAN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan

III. METODE PENELITIAN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan 43 III. METODE PENELITIAN A. Jenis dan Tipe Penelitian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan historis. Menurut Sugiyono 1, metode penelitian kualitatif

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Untuk mengetahui bagaimana peranan pendidikan Islam berbasis pesantren dalam membentuk pribadi saleh harus ditemukan sesuai dengan butir-butir rumusan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Metode Penelitian (research methods) adalah cara-cara yang digunakan oleh

BAB III METODE PENELITIAN. Metode Penelitian (research methods) adalah cara-cara yang digunakan oleh BAB III METODE PENELITIAN Metode Penelitian (research methods) adalah cara-cara yang digunakan oleh penelitian dalam merancang, melaksanakan, pengolah data dan menarik kesimpulan berkenaan dengan masalah

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Bogdan & Taylor yang dikutip oleh Lexy J. Moleong mendefinisikan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Sedangkan penelitian itu sendiri diartikan sebagai upaya dalam bidang ilmu

BAB III METODE PENELITIAN. Sedangkan penelitian itu sendiri diartikan sebagai upaya dalam bidang ilmu BAB III METODE PENELITIAN Metode adalah suatu cara atau teknis yang dilakukan dalam proses penelitian. Sedangkan penelitian itu sendiri diartikan sebagai upaya dalam bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian yang tergolong dalam penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah dengan

Lebih terperinci

BAB III METODE DAN PROSEDUR PENELITIAN

BAB III METODE DAN PROSEDUR PENELITIAN BAB III METODE DAN PROSEDUR PENELITIAN A. PENDEKATAN DAN METODE PENELITIAN Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang umumnya

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata atau tulisan dari perilaku orangorang

BAB III METODE PENELITIAN. menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata atau tulisan dari perilaku orangorang BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN 32 BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian adalah ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. ada dengan jalan memaparkan data secara kata-kata, dan gambar. Sementara

BAB III METODE PENELITIAN. ada dengan jalan memaparkan data secara kata-kata, dan gambar. Sementara 50 BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Moleong (2007:6) Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu jenis penelitian yang berupaya menggambarkan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.

BAB III METODE PENELITIAN. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. konsisten dalam setiap proses penelitian dari awal hingga akhir, agar

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. konsisten dalam setiap proses penelitian dari awal hingga akhir, agar BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Metode penelitian adalah salah satu bagian yang penting dalam sebuah penelitian, berupa cara yang dapat digunakan untuk memperoleh jawaban atas suatu

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Dalam penelitian ini penulis akan melakukan analisis daya tarik konsumen melalui sistem member produk Sophie Paris pada masyarakat desa Jurang

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

BAB III METODOLOGI PENELITIAN BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 1. Pendekatan Penelitian Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang

BAB III METODE PENELITIAN. yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang 50 BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 1. Pendekatan Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. Dorongan utama untuk mengadakan penelitian ialah instink ingin tahu yang

BAB III METODE PENELITIAN. Dorongan utama untuk mengadakan penelitian ialah instink ingin tahu yang BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Penelitian pada hakikatnya adalah suatu kegiatan untuk memperoleh kebenaran mengenai sesuatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah. Dorongan

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. merupakan deskripsi dari objek penelitian. Metodologi penelitian merupakan

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. merupakan deskripsi dari objek penelitian. Metodologi penelitian merupakan BAB III METODOLOGI PENELITIAN Metodologi penelitian adalah aspek yang sangat penting dan besar pengaruhnya terhadap berhasil tidaknya suatu penelitian, terutama untuk mengumpulkan data. Sebab data yang

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. postpositivistik, karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Filsafat

BAB III METODE PENELITIAN. postpositivistik, karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Filsafat BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif dinamakan sebagai metode postpositivistik, karena

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Pendekatan Penelitian Menurut Arikunto (2013: 20) jenis penelitian berdasarkan pendekatanya, secara garis besar dibedakan menjadi dua macam penelitian, yaitu penelitian kuantitatif

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. jawaban terhadap suatu masalah serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang

BAB III METODE PENELITIAN. jawaban terhadap suatu masalah serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Penelitian ( research) merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Fungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Pendekatan penelitian yaitu: menjelaskan mengenai cara, prosedur atau proses penelitian. Penulisan dan pembahasan penelitian dalam skripsi ini

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. 1. Untuk mendeskripsikan Kinerja Guru MAN Model Palangka Raya.

BAB III METODE PENELITIAN. 1. Untuk mendeskripsikan Kinerja Guru MAN Model Palangka Raya. 38 BAB III METODE PENELITIAN A. Tujuan Penelitian 1. Untuk mendeskripsikan Kinerja Guru MAN Model Palangka Raya. 2. Untuk mendeskripsikan Faktor yang mendukung dan menghambat kinerja guru dan usaha yang

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 1 Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu: A. Metode Penelitian

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Menurut Lexy J. Moleong, penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksud untuk

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. berupa kata-kata tertulis atau tulisan lisan dari orang-orang dan perilaku yang

BAB III METODE PENELITIAN. berupa kata-kata tertulis atau tulisan lisan dari orang-orang dan perilaku yang BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Dan Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian yang bersifat penelitian kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Metode penelitian merupakan cara dan prosedur yang sistematis dan

BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Metode penelitian merupakan cara dan prosedur yang sistematis dan BAB III METODOLOGI PENELITIAN Metode penelitian merupakan cara dan prosedur yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki suatu masalah tertentu dengan maksud mendapatkan informasi untuk digunakan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun kelapangan untuk memperoleh data. Penelitian dilakukan di MI Imaduddin

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN 51 BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 1. Pendekatan Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah, untuk mendapatkan data dengan tujuan dan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penilitian 1. Jenis penelitian Jenis penilitian ini tergolong dalam penilitian lapangan (field research), yaitu metode yang mempelajari fenomena dalam

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dan terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu,

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN Metode penelitian mengandung prosedur dan cara melakukan verifikasi (kebenaran laporan) data yang diperlukan untuk memecahkan dan menjawab masalah penelitian. Dengan kata lain

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. membuat pecandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadiankejadian.

BAB III METODE PENELITIAN. membuat pecandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadiankejadian. BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis Penelitian Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitan deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bermaksud untuk membuat pecandraan

Lebih terperinci

III. METODE PENELITIAN. pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini ingin mengkaji secara detail mengenai

III. METODE PENELITIAN. pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini ingin mengkaji secara detail mengenai 41 III. METODE PENELITIAN A. Tipe Penelitian Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bertipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini ingin mengkaji secara detail mengenai

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati

BAB III METODE PENELITIAN. berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati 33 BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini berupaya menggambarkan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan ( field research) yaitu riset yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejalagejala.

Lebih terperinci

Thohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta, Rajawali Pers, 2013, hlm. 1

Thohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta, Rajawali Pers, 2013, hlm. 1 BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research). Dimana penelitian lapangan ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. penelitian lapangan (field research), yang dimaksud dengan penelitian

BAB III METODE PENELITIAN. penelitian lapangan (field research), yang dimaksud dengan penelitian BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan dan Jenis Penelitian Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dimaksud dengan penelitian lapangan menurut

Lebih terperinci