MICROSOFT WINDOWS HINET LIVE PANEL. The Dashboard Software for Industrial IoT

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "MICROSOFT WINDOWS HINET LIVE PANEL. The Dashboard Software for Industrial IoT"

Transkripsi

1 MICROSOFT WINDOWS HINET LIVE PANEL The Dashboard Software for Industrial IoT

2 HINET Live Panel, adalah software yang mulai dikembangkan sejak awal tahun 2008 silam, dibuat khusus untuk menampilkan data-data yang di peroleh dari mesin industri ke dalam Windows Panel,. HINET LIVE PANEL, IS NATIVE SOFTWARE FOR PROTOCOL : Di awal tahun perkembangannya dulu, HINET Live Panel menggunakan protocol Modbus TCP/IP serta XML-RPC untuk menampilkan data dari Mesin dan database server ke dalam dashboard panel tersebut. Namun sejalan dengan berkembang pesatnya kemajuan teknologi IT, maka kini HINET Live Panel juga menggunakan protocol yang banyak digunakan di dalam dunia Internet Of Things atau biasa dikenal dengan sebutan IoT, yaitu protocol MQTT dan RESTful API. Selain dari beragam pilihan protocol yang bisa di digunakan oleh HINET Live Panel, aplikasi ini juga bersifat portabel yaitu aplikasi dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan proses instalasi terlebih dahulu, sehingga mudah untuk diaplikasikan dan ringan karena HINET Live Panel dapat berjalan pada processor komputer yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya. Dari mulai perusahaan Distribusi Gas Alam hingga perusahaan pembangkit tenaga listrik sudah memanfaatkan aplikasi dashboard HINET Live Panel.

3 HINET LIVE PANEL UNTUK INDUSTRI PEMBANGKIT TENAGA LISTIK HINET LIVE PANEL UNTUK INDUSTRI DISTRIBUSI GAS ALAM

4 Dalam mode protocol MQTT, aplikasi HINET Live Panel merupakan Subscriber dari MQTT Broker. Topic-topic yang ingin di tampilkan ke dalam Dashboard harus di inisialiasasikan terlebih dahulu, agar Broker mengetahui topic-topic apa saja yang akan dikirim ke HINET Live Panel. Dari Message-message yang dikirim oleh MQTT Broker ini, oleh HINET Live Panel kemudia diolah menjadi sebuah data yang akan ditampilkan ke dalam dashboard panel. Namun dalam kasus tertentu, HINET Live Panel dapat juga berlaku sebagai Publisher dan mengirim Message ke MQTT Broker untuk diteruskan ke subscriber dari topic yang dikirim oleh HINET Live Panel tersebut.

5 Untuk protocol RESTful API, aplikasi dashboard HINET Live Panel bertindak hanya sebagai client yang akan memperoleh data dari server, untuk ditampilkan ke dalam Dashbboard Panel, sesuai dengan kebutuhan yang ada. Data yang dikirim oleh RESTful API Server berupa JSON Array, sehingga HINET Live Panel perlu melakukan proses parsing sebelum ditampilkannya ke dalam Panel. Adapun data JSON Array yang dikirim oleh Server, bisa hanya dalam 1 record dalam banyak kolom, akan tetapi bisa juga dalam banyak record dengan banyak kolom. Menimbang dari cara kerjanya ini, maka penggunaan RESTFful API dalam aplikasi dashboard panel ini sangat efektif dan bermanfaat untuk menampilkan data data dari banyak cabang atau client yang sifat datanya tidak real time.

6 REQUEST DATA WITH MODBUS TCP/IP FORMAT RESPOND DATA WITH MODBUS TCP/IP FORMAT Protocol Modbus merupakan protocol yang sudah cukup lama digunakan dalam dunia industri. Data data yang di simpan oleh mesin ke dalam address register tertentu, maka agar dapat dibaca atau pun ditulis, memerlukan sebuah aturan yang dikenal Modbus Protocol. HINET Live Panel menyediakan koneksi langsung untuk membaca dan menulis data ke dalam address tertentu dalam sebuah mesin lewat protocol Modbus. Adapun proses pembacaan data ini dilakukan secara polling dalam hitungan interval waktu tertentu. Setelah data data yang diminta sudah dikirim oleh mesin, maka data yang dikirim oleh mesin masih data binary, sehinga HINET Live Panel perlu melakukan konversi data binari menjadi sebuah bilangan sesuai dengan tipe data yang diminta. Setelah proses tersebut selesai maka data tersebut langsung ditampilkan ke dalam dashboard panel

7 Contoh Seting Paramater Komunikasi Ke MQTT Broker pada aplikasi Dashboard HINET Live

8 Contoh Seting Paramater Komunikasi Ke RESTful API pada aplikasi Dashboard HINET Live Panel

9 Contoh Seting Paramater Komunikasi Ke Modbus Slave pada aplikasi Dashboard HINET Live

10 HINET MQTT BROKER For Modbus TCP/IP

11 Salah satu faktor yang melatar belakangi dikembangkannya aplikasi HINET MQTT Broker for Modbus TCP/IP ini adalah untuk mengurangi proses request polling data yang dilakukan oleh aplikasi HMI ke Device berbasis Modbus protocol tersebut. Dengan berkurangnya proses polling data tersebut, maka beban kerja dari mesin dapat berkurang, karena proses request data hanya dilakukan oleh satu aplikasi saja, yaitu HINET MQTT Broker for Modbus TCP/IP. Dan tentunya dengan berkurangnya beban melayani permintaan data ini, maka otomatis umur pemakaian dari perangkat tersebut dapat berjalan lebih lama. Juga bagi aplikasi HMI semacam HINET Live Panel pun bebannya menjadi ringan, karena tidak perlu berulang ulang melakukan proses request data ke device, sebab jika ada data terkini yang telah tersedia, maka data tersebut akan langsung dikirim ke aplikasi HMI sebagai subscriber dari topik yang di inginkannya tersebut.

12 Dashboard yang ada pada aplikasi HINET MQTT Broker for modbus tcp/ip ini, bisa menginformasikan kondisi lalu lintas data yang dilakukan oleh broker ke subscribernya pada saat itu.

13 Untuk bisa mendapatkan layanan data melalui protocol MQTT ini, maka admin harus menyeting siapa-siapa saja user yang boleh menjadi subscriber dari aplikasi HINET MQTT Broker for modbus tcp/ip ini. Jika ada seseorang yang belum ada di dalam daftar tersebut, maka otomatis aplikasi HINET MQTT Broker ini akan menolaknya. Pun jika ada user hendak mengambil data dalam sebuah topik, juga akan ditolak jika topik yang dimaksud tidak terdapat dalam list topik yang boleh di akses oleh user tersebut. Peraturan ini juga berlaku untuk proses menulis data ke dalam mesin berbasis modbus. Proses write ke modbus device hanya dilakukan oleh user yang telah diberikan haknya.

14 Topik-topik yang bisa diakses oleh user, harus disiapkan terlebih dahulu oleh admin. Berbeda dengan aplikasi MQTT Broker umumnya, maka topik-topik yang tersedia di dalam aplikasi HINET MQTT Broker ini tidak dapat dibuat sendiri oleh user. Hanya admin yang bisa membuat topik-topik tersebut, karena setiap topik yang ada, memiliki keterkaitan dengan tag-tag yang ada pada device berbasis modbus ini. Setelah topik-topik yang diperlukan telah dibuat, maka admin harus mengatur siapa-siapa saja user yang boleh menjadi subscriber dari topik topik tersebut, berserta hak untuk menulis ke dalam device.

15 Setiap topik yang sudah dibuat oleh Admin, harus memiliki Link dengan tag tag yang ada pada device. Proses penghubungan ini hanya bisa dilakukan melalui menu Setup iovariable. Oleh karena itu, admin harus memastikan kembali apakah topik topik yang telah dibuat tersebut sudah benar dengan tag-tag yang ada pada devicenya dengan meng-klik icon Info.

16 Setiap tag-tag yang ada pada device, harus di data pada menu Setup iovariable ini. Pendataan tag tag ini meliputi Jenis Variable Modbusnya, Address Registernya, Tipe Datanya dan format data yang akan di kirim ke subscribernya, serta tag ini menghubung ke MQTT Topic name apa. Selain menghubung ke dalam tag tag yang ada pada device modbus, aplikasi HINET MQTT BROKER ini juga menyediakan fasilitas untuk mengambil data dari OPC Server lewat DDE Server. Untuk itu gunakan kolom Formula Expression dengan mengisi command DDE agar topik tersebut dapat terhubungan dengan data dari OPC Server.

17 Isi dari menu About HINET MQTT Broker for modbus tcp/ip ini adalah unuk melihat log dari aktivitas yang terjadi pada aplikasi ini. Jika ada Error, maka admin dapat membaca permasalahan apa yang terjadi sehingga menimbulkan problem tersebut.

18

19